News

Status Darurat Banjir, Tapi BPBD Pekanbaru Tak Punya Anggaran Bencana

PEKANBARU - Meski sebelumnya telah menginformasikan jika Pekanbaru siaga banjir dan longsor, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru ternyata tidak memiliki anggaran operasional layaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Saat ini BPBD memang belum memiliki anggaran, pasalnya OPD ini kan baru saja berdiri. Jadi tahun depan baru mendapatkan anggaran dan dana sendiri,” kata Plt Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Jumat (21/12/2018).

Kata Gurning, sampai saat ini pihaknya masih memaksimalkan tenaga yang ada di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Pekanbaru jika sewaktu-waktu ada bencana di Pekanbaru.

“Kalau sekarang saya maksimal tenaga yang ada di Damkar. Karena saat ini pun saya menjabat sebagai Kepala Dinas Damkar,” imbuhnya. 

Dilanjutkan mantan Sekretaris Dispora Kota Pekanbaru ini, khusus di BPBD saat ini terdapat 240 personel dan jika terjadi bencana maka personel tersebut seluruhnya bisa diturunkan kelokasi. Termasuk juga personel dari instansi terkait seperti kepolisian, TNI, Basarnas dan juga Tagana dapat diturunkan seluruhnya jika terjadi bencana yang memerlukan banyak tenaga untuk membantu masyarakat.

“Semua instansi terkait dengan status ini bisa diturunkan semua, tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Termasuk juga pihak dinas kesehatan dengan tenaga medisnya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menetapkan status siaga darurat banjir dan tanah longsor, mengingat kerap terjadinya banjir dibeberapa lokasi di Pekanbaru. Siaga darurat banjir tersebut ditetapkan sejak 1 hingga 31 Desember mendatang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...