News

SEPAKAT! Jembatan Siak IV Bernama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah

sumber;internet

PEKANBARU - Tokoh masyarakat dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru dan Riau sepakat 'menyematkan' nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah sebagai nama jembatan Siak IV yang akan diresmikan 14 Februari mendatang.

"Jembatan Siak IV ini kita beri nama Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau Marhum Bukit," terang Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim di Pekanbaru, Selasa (29/1/2019) sore. 

Sejarahnya, Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau yang dikenal dengan sebutan Marhum Bukit merupakan ayahanda Sultan Siak Kelima, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau lebih dikenal sebagai Marhum Pekan. Mahrum pekan sendiri merupakan pendiri dari Kota Pekanbaru yang berkembang pesat saat ini. Kenapa bukan nama Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah yang dijadikan nama jalan? Karena nama tersebut sendiri sudah disematkan sebagai nama Jembatan Siak III Pekanbaru.

"Sebetulnya saya membuat Marhum Pekan, tapi nama itu sudah dibuat untuk jembatan Siak III oleh LAM Kota Pekanbaru," ujar mantan Bupati Rokan Hilir ini. 

Penetapan nama jembatan yang dibangun menggunakan APBD Riau sebesar Rp440 miliar itu merupakan hasil musyawarah atau kesepakatan dengan para tokoh masyarakat Riau, LAM Kota Pekanbaru dan LAM Riau beberapa waktu lalu. 

"Semoga dengan nama tersebut, jembatan ini bisa menjadi jalur pertumbuhan ekonomi masyarakat Riau, khusus Kota Pekanbaru. Semoga barokah," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...