News

2019, BNPB Prediksi Ada 2.500 Bencana di Indonesia

Sutopo Purwo Nugroho. (sumber;internet)

JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho memperkirakan akan terjadi sekitar 2.500 bencana alam di Indonesia pada tahun 2019. Bencana itu berskala kecil dan besar.

"Jadi 2019 itu saya sudah katakan diprediksi ada lebih 2.500 kejadian bencana yang ada di Indonesia, baik kecil maupun besar. Itu berdasarkan data history yang ada. Karena tren kejadian bencana meningkat signifikan," ujar Sutopo di Graha BNPB, Jakarta, Kemarin.

Karena itu, Deputi 1 Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernadus Wisnu Widjaja mengimbau, pemahaman karakteristik bencana menjadi penting bagi masyarakat.

"Dan ini tugas kita bersama untuk mengedukasi, yang simpel saja," kata Wisnu.

Dia pun mendorong masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi inaRISK guna mengetahui kemungkinan bencana yang ada di daerahnya masing-masing.

"Jadi semua data terkait kebencanaan masik ke inaRISK. Ini menjadi tujuan kita membuat early warning. Jadi data dari BMKG saat ini sudah server to server. Jadi apapun yang diubah oleh BMKG jadi langsung masuk ke kami di early warning (inaRISK), inaRisk mudah dibawa ke mana-mana," jelas Wisnu.

Dia mengatakan, aplikasi ini diperbarui setiap 3 jam dan sudah terdapat 10 macam bencana yang disatukan.

Ke depannya, peta yang ada di dalam aplikasi ini juga akan diintegrasikan dengan jumlah sekolah dan rumah yang ada, sehingga ketika terjadi bencana akan mudah bagi BNPB untuk mengambil keputusan.

"Saya kira ini konsep industri 4.0, semua bisa akses. Kita tahu daerah mana yang rawan banjir dan mana yang rawan longsor. Di mana Anda buka aplikasi inaRISK, Anda dapat tahu ancaman bencana Anda di lokasi itu. Jadi jangan khawatir, sistem ini berintegrasi," tandasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...