News

Lagi-Lagi Jokowi Kaget, Kali Ini Tentang Mahalnya Tiket Pesawat

Presiden RI Joko Widodo saat menaiki pesawat komersil. (sumber;internet)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget mengetahui harga tiket maskapai penerbangan yang mengalami kenaikan signifikan. Mahalnya harga tiket itu mendapat keluhan langsung dari Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani.

"Berkaitan dengan harga tiket pesawat, saya terus terang kaget," ujar Jokowi dalam acara Gala Dinner 50 Tahun PHRI di Hotel Sahid, Jakarta, Kemarin.

Harga tiket pesawat mahal lantaran mahalnya harga avtur dalam negeri yang dimonopoli Pertamina. Bahkan, Jokowi menyebut harga avtur nasional 30% lebih mahal dari harga Internasional.

"Karena monopoli, harga jadi tidak kompetitif, bandingkan harga avtur disitu dengan yang di dekat-dekat lain, terpaut kurang lebih 30-an persen," kata Jokowi.

Kepala Negara berencana akan memanggil Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati untuk membahas permasalahan harga avtur dalam negeri.

Selain itu, ia pun berencana akan memberikan izin perusahaan lain untuk memasok kebutuhan avtur dalam negeri. Dengan begitu, kata Jokowi, terjadi persaingan harga yang sehat sehingga mampu menekan harga tiket maskapai yang menjadi kompetitif.

"Kalau ini diterus-teruskan nanti pengaruhnya ke harga tiket pesawat, karena harga avtur itu menyangkut 40 persen dari cost yang ada di tiket pesawat," ujar Jokowi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...