News

Launching Bernuansa Digital, Menpan-RB: Ini MPP Terlengkap di Indonesia

Proses Penandatangan dengan Digital prasasti MPP Kota Pekanbaru oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin , Rabu (6/2/2019). 

PEKANBARU - Sudah ada 14 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Indonesia. Namun begitu, hanya MPP Pekanbaru yang paling lengkap dalam semangat pelayanan terpadu satu pintu. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin saat me-launching MPP Kota Pekanbaru, Jalan Sudirman Pekanbaru, Rabu (6/2/2019). 

"Memang ini bukan MPP yang pertama di Indonesia. Tapi setelah kemarin Deputi Pelayaan Publik melihat langsung, beliau menyebutkan ini yang terlengkap. Setelah saya lihat, ini memang yang terlengkap se Indonesia," terang mantan Wakapolri tersebut didepan tamu undangan. 

Loading...

Suasana digital yang diusung pada launching terlihat jelas. Mulai dari peresmian dengan touch screen, hingga penandatangan secara digital yang dilakukan oleh MenpanRB Syafruddin. Selanjutnya, usai melakukan pemotongan pita, rombongan yang terdiri dari seluruh tamu undangan se Indonesia ini melihat kondisi MPP yang merupakan eks kantor Walikota Pekanbaru tersebut. 

Sebagai diketahui, MPP Pekanbaru sudah melayani masyarakat Pekanbaru sejak akhir Februari silam. Ada ratusan warga yang sudah menikmati pelayanan perizinan rasa mal tersebut. Rasa nyaman dan mudah ini juga dirasakan MenpanRB saat dibawa berkeliling oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT yang didampingi Kepala Badan Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru M Jamil MAg MM yang juga penanggungjawab MPP Pekanbaru. 

"Ruangannya luas, pelayanan cukup banyak, lengkap, dan terdapat 173 pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilayani oleh MPP Pekanbaru. Ini hebat. jadi masyarakat bisa mudah melakukan pengurusan perizinan," ujar MenpanRB. 

Pada saat acara, juga dilakukan penandatangan MoU bersama pemimpin instansi pemerintah seperti Gubernur Riau, Kejati, Kejari, Kapolda, Imigrasi serta Perbankan dan pihak yang sudah bisa terlayani di MPP Pekanbaru tersebut. Dengan berbagai konter pelayanan di MPP, masyarakat mendapatkan pelayanan yang efektif dan efesien. 

"MPP ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," harapnya. 

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpan RB yang telah meresmikan MPP Pekanbaru. Firdaus menambahkan, MPP yang dibangun sejak tahun lalu merupakan komitmen Pemko Pekanbaru dalam menyukseskan program Kemenpan RB dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui pelayanan terpadu satu pintu.

“Awalnya, ibu Deputi Pelayanan Publik sempat ragu ketika kita lihatkan lokasi pembangunan. Namun kami optimis, 2018 dimulai pembangunan dengan merenovasi lantai dasar kantor walikota. Alhamdulillah, dalam waktu sangat pendek, 4 bulan, kami bisa menyelesaikan renovasi dua gedung yang saat ini dijadikan satu,” katanya.

Saat ini, terang walikota, MPP dengan luas ruangan sekitar 4.000 meter persegi itu melayani sebanyak 173 perizinan dan non perizinan yang terdiri 96 perizinan ditangani DMPPTSP dan 77 pelayanan oleh 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah.

“Apa yang kita resmikan ini tahap pertama pelayanan. Nanti akan ada gedung B, Kantor Bappeda untuk pelayanan Disdukcapil. Untuk administrasi kependudukan ini 14 konter kami siapkan untuk pelayanan capil,” pungkasnya.

Selain dihadiri Menpan-RB, acara ini juga disaksikan langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa, Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro, Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution.

Kemudian hadir pula Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Kepala Kejati Riau, Kakanwil Hukum dan HAM Riau, Kakanwil BPN Riau, Kakanwil Pajak Riau, Kakanwil Bea Cukai Riau, Walikota Pekanbaru Firdaus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, perwakilan kepala daerah se-Riau, Forkopimda Riau dan Pekanbaru, serta pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...