Lingkungan

Awan Panas 1,5 Km Kembali Meluncur dari Merapi Pagi Ini

sumber;internet

YOGYAKARTA - Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas guguran. Pagi ini jarak luncur awan panas mencapai 1,5 kilometer.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, mengatakan awan panas guguran pagi ini terjadi pada pukul 04.56 WIB. Durasinya sekitar 150 detik.

"Terjadi awan panas guguran Gunung Merapi pada tanggal 12/03/2019 pukul 04:56 WIB, dengan durasi 150 detik, jarak luncur 1500 meter," jelas Hanik dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (12/3/2019).

Hanik melanjutkan, awan panas guguran tersebut mengarah ke Kali Gendol. Namun dia menegaskan awan panas guguran pagi ini masih tergolong kecil, luncurannya juga masih dalam jarak aman sesuai rekomendasi BPPTKG.

"Awan panas masih dalam jarak aman rekomendasi (tiga kilometer dari Puncak Merapi harus steril dari aktivitas manusia). Masyarakat diimbau untuk tetap tenang," ungkapnya.

BPPTKG, tutur Hanik, hingga kini belum mengubah status Gunung Merapi. Sejak 21 Mei 2018 status Gunung Merapi masih berada di pegel II atau waspada. "Status (Gunung Merapi) waspada sejak 21 Mei 2018," sebutnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...