News

Menangkal Hoaks Pandemi Covid-19, Fikom UIR Gelar Pengabdian Literasi Media

PEKANBARU - Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Riau melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama para remaja masjid di desa Batu Belah, Kecamatan Air Tiris, Kabupaten Kampar pada, Ahad (14/3/21). Kegiatan pengabdian ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIR. Bentuk kegiatannya adalah seminar tentang Literasi Media: Menangkal Hoaks pada Masa Pandemi Covid-19.

Kegiatan seminar ini merupakan salah satu kegiatan Catur Dharma Perguruan Tinggi  yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Tim kegiatan pengabdian ini adalah 3 orang dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi UIR, yakni: Dr. Fatmawati, S. IP., MM, Tessa Shasrini, B. Comm., M.HrD dan Eko Hero, Sc. M. Soc. Selain tim dosen juga melibatkan 2 orang mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut dipaparkan materi tentang pengetahuan tentang literasi media; Hoaks di masa Pandemi dan Bagaimana mengantisipasi Hoaks melalui Literasi Media bagi para remaja. 

Kegiatan seminar ini diikuti oleh sebanyak 30 remaja masjid yang berasal dari Desa Batu Belah, Air Tiris, Kampar. Dalam mengikuti kegiatan ini remaja begitu antusias menyimak dan berdiskusi langsung dengan para narasumber. 

Seorang peserta seminar yang bernama, Apri menanyakan bahwa apa upaya yang dilakukan oleh remaja untuk dapat menangkal Hoaks? Salah satu narasumber yang bernama Dr. Fatmawati, S. IP., MM mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh remaja dalam menangkal Hoaks, diantaranya: pertama dengan membentengi diri melalui literasi media yang baik, kedua berhati-hati dengan judul-judul provokatif, ketiga cermati alamat situs dan keempat cek kebenaran/keaslian konten dan gambar.

Selama pelaksanaan kegiatan seminar ini seluruh peserta diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yakni dengan jaga jarak (Phisical Distancing), memakai handsanitizer dan selalu menggunakan masker selama kegiatan. Kegiatan ini berjalan lancar dan ditutup dengan sesi foto bersama serta pemberian sertifikat kepada narasumber dan peserta.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...