Life

Ini Kiat Sukses Terhindar dari Diabetes di Usia Muda

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Diabetes merupakan suatu penyakit yang berlangsung lama atau kronis dengan ditandai adanya kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas normal.

Akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik, glukosa yang menumpuk di dalam darah dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika dibiarkan saja, diabetes dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Diabetes dibagi menjadi dua tipe, yakni diabetes tipe 1 yang disebabkan oleh rusaknya pankreas dan biasanya terjadi pada usia anak-anak, serta diabetes tipe 2 yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

Menurut American Diabetes Association, sekitar 1 dari 4 orang beresiko terkena penyakit diabetes. Oleh karena itu, kita harus berusaha agar terhindar dari risiko tersebut dengan mengubah gaya hidup.  Berikut 5 kunci sukses terhindar dari diabetes di usia muda :

1. Menjaga Pola Makan
Menajaga pola makan dan gaya hidup yang sehat merupakan salah satu kunci dari pencegahan berbagai penyakit, termasuk penyakit diabetes. Keduanya memiliki peranan yang sangat besar dalam hal mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis serta meningkatkan harapan hidup seseorang.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi, termasuk karbohidrat. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi akan berdampak signifikan terhadap berat badan dan risiko diabetes. Kurangi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi, mi, atau roti putih, dan gantilah dengan karbohdirat kompleks yang akan dicerna lebih lambat.

2. Rajin Berolah Raga


Selain untuk menjaga bentuk badan tetap ideal, olahraga juga memberikan sejumlah manfaat lainnya bagi kesehatan, seperti mencegah penyakit diabetes. Seseorang yang jarang bergerak cenderung tidak bisa mengontrol kenaikan gula darah tubuhnya.

Tipe olahraga yang cocok dilakukan untuk penderita diabetes yaitu menggabungkan olahraga ketahanan dengan olahraga resistensi. Contohnya, seperti olahraga interval intensitas tinggi (HIIT) yang dipercaya dapat mengurangi risiko diabetes yang dialami oleh orang dewasa.

3. Berhenti Merokok
Sudah banyak fakta yang mengungkap tentang bahayanya rokok, menghisap maupun hanya menghirup asapnya saja. Rokok juga sudah dikenal mematikan. Hal itu memang bukan hanya isapan jempol.

Sebuah penelitian dari Amerika yang dilakukan oleh University of Toronto mengungkap bahwa segera berhenti merokok sebelum masa usia produktif berakhir dapat membantu memperpanjang hidup seseorang, hingga rentang usia lebih dari 10 tahun.

Menurut sejumlah studi merokok membuat tubuh lebih kebal terhadap insulin, hormon yang menjaga gula darah tetap normal.

4. Hindari Penggunaan Obat-Obatan Rekreasional
The Global Diabetes Community mencatat bahwa stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu dapat meningkatkan level gula darah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka level gula darah yang tinggi dapat menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Komponen MDxx, Amfetamin, dan obat-obatan ADHD dapat meningkatkan level gula darah dan membuat kita berisiko mengalami diabetes tipe 2.

5. Jangan Mengabaikan Gejala Pre-Diabetes
Pre-diabetes dapat diartikan sebagai kondisi dimana kadar gula darah cukup tinggi atau di atas normal, namun tidak menenuhi kriteria diabetes.

Meskipun Mayo Clinic menjelaskan minimnya gejala spesifik pre-diabetes, namun dalam beberapa kasus, mereka yang masuk kategori pre-diabetes dapat mengalami intensitas buang air kecil yang lebih sering, sering kehausan dan bercak kecokelatan pada kulit.

Sayangnya, banyak penderita diabetes yang baru menyadari penyakitnya ketika sudah terjadi komplikasi.

Menurut hasil penelitian dari International Diabetes Federation (IDF) tahun 2015, ada 415 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, dan sekitar 10 jutanya terdapat di Indonesia. Jumlah penderita diabetes di Indonesia ini diperkirakan akan terus meningkat hingga tahun 2040.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...