News

Pagi ini, 66.144 Pelajar di Riau Jalani UNBK dan UNKP

Ilustrasi. (sumber;internet)
PEKANBARU - Pagi ini, 66.143 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan paket C Se Provinsi Riau, menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).
 
Dari Informasi yang diterima, ada 43.196 Siswa SMA yang mengikuti UNBK, MA 11.287 siswa, dan paket C 5.819 siswa. Sedangkan untuk sekolah yang menyelenggarakan UNBK tingkat SMA sebanyak 355 sekolah, tingkat MA sebanyak 283, paket C 148 sekolah. Dan Kabupaten yang telah menggunakan UNBK 100 persen diantaranya, Kota Dumai, Kabupaten Siak, Inhu, Kuansing dan Kepulauan Meranti.
 
Sedangkan untuk UN berbasis UNKP tingkat SMA sebanyak 5.481 yang tersebar di 81 sekolah, tingkat SMA LB menggunakan UNKP 37 siswa yang tersebar di 20 sekolah. Dengan demikian ada sebanyak 6 Kabupaten Kota yang masih menggunakan UNKP, diantaranya Kota Pekanbaru, Rohul, Inhil, Kampar, Rohil, dan Pelalawan.
 
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudyanto, mengatakan, untuk UN tingkat SMA sederajat tahun ini masih menggunakan dua sistem UN, UN berhasil kertas dan pensil (UNKP), dan UN berbasis Komputer.
 
“Untuk tahun ini meningkat yang menggunakan UNBK dibandingkan tahun lalu. Memang masih ada yang UNKP di beberapa daerah ada sebanyak 81 sekolah. Jauh berkurang bila dibandingkan tahun lalu, kita berharap tahun depan bisa 100 persen,” kata Rudi.
 
Dalam menghadapi UN tingkat SMA sederajat tahun ini, Rudi mengimbau kepada seluruh siswa agar percaya diri dan selalu berdoa dalam menjalani UN. Bagi yang melaksanakan UNBK jangan sampai melihat kawan sebelah karena soal berbeda. Begitu juga dengan UNKP setiap siswa diberikan kertas soal yang berbeda.
 
“Belajar, percaya diri dan tetap berdoa agar diberi kemudahan dalam menjawab soal ujian. Saya mengingatkan bahwa UN jangan menjadi sesuatu yang sangat dikhawatirkan. Karena UN bukanlah menjadi syarat kelulusan, namun kita perlu meraih nilai yang terbaik,” jelas mantan Pj Bupati Inhil ini.
 
UN tingkat SMA sederajat akan berlangsung 1-4 April ini, dimulai untuk soal Bahasa Indonesia untuk hari pertama. Selanjutnya di hari kedua besok UN mata pelajaran Matematika, hari ketiga Bahasa Inggris, dan hari keempat satu mata pelajaran yang jurusan yang diujikan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...