Life

Bawang Merah Tingkatkan Stamina Pria, ini Manfaat Lainnya

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Jangan bilang kamu orang Indonesia jika tidak mengenal bawang merah (Allium cepa L). Tentu sebagai orang Asia Tenggara kamu sudah mengenal baik salah satu bumbu penyedap ini. 

Kandungan bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreng. Sementara daun bawang merah untuk penyedap masakan.

Kandungan vitamin dan nutrisinya hanya dapat bermanfaat jika dikonsumsi saat mentah saja. Apabila sudah dimasak maka vitamin dan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang. Dikutip dari beberapa sumber, kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi bawang merah bagi kesehatan tubuh? 

1. Bantu Mencegah Kanker
Kandungan bawang merah disebut dengan zat quercetin. Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang menjadi berwarna warna merah gelap. Menurut University of Maryland Medical Center, zat quercetin termasuk zat antioksidan yang berperan penting dalam melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh. Salah satu dampak penumpukan radikal bebas adalah kanker.

Antioksidan seperti quercetin mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa zat quercetin dalam bawang merah mentah ini mampu mencegah pertumbuhan sel kanker paru, kanker prostat, kanker ovarium, kanker usus, serta kanker endometrial.

2. Menurunkan Tekanan Darah 
Dalam jurnal Pharmacological Reports yang diterbitkan pada tahun 2009, disebutkan juga bahwa zat quercetin yang cukup tinggi ada di dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah yang tinggi. Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi berisiko untuk mengalami berbagai penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung kroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes melitus.

3. Membantu Menormalkan Kadar Gula Darah 
Kadar gula darah yang tinggi terbukti mengakibatkan timbulnya penyakit diabetes melitus. Menurut Center for Disease Control Prevention, kadar gula darah tinggi merupakan sumber dari segala penyakit degeneratif dan penyakit kronis.

Sebuah penelitian yang dilakukan di daerah Sudan, penderita diabetes melitus tipe satu dan tipe dua yang mengonsumsi bawang merah mentah terbukti memiliki jumlah gula darah yang normal dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. 

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Environmental Health Insight, juga membuktikan hal yang sama bahwa bawang berwarna merah mampu untuk menurunkan kadar gula darah. Para ahli menyimpulkan jika bawang ini memang mampu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

4. Melegakan Tenggorokan 
Manfaat bawang merah mentah dapat mengobati tenggorokan yang sakit. Jus bawang merah segar dapat melegakan tenggorokan akibat terserang batuk dan pilek. Untuk menambah cita rasa beri tambahan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang.

5. Mengontrol Diabetes 
Flavonoid dalam kandungan bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah mentah yang meningkatkan produksi insulin dan membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

6. Menyehatkan Jantung 
Khasiat bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.

7. Mendongkrak Stamina Lelaki
Manfaat bawang merah tidak hanya bagi kesehatan saja. Namun, khasiat bawang merah untuk lelaki juga bisa membantu sistem imun tubuh yang lemah dapat membuat seseorang lemas, mudah lelah, serta bergerak lambat di atas ranjang. 

Namun makan bawang merah secara rutin dapat mencegah semua itu loh. Kandungan fitokemikal dalam bawang mampu mendorong vitamin C untuk menguatkan kekebalan tubuh sehingga toksin berbahaya penyebab berbagai penyakit bisa diusir dari tubuh. 

8. Meningkatkan Kesehatan Otak
Kandungan bawang merah yang dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kehadiran folat. Ini adalah salah satu dari delapan vitamin B dan itu meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh kamu.

Manfaat bawang merah mentah lainnya adalah zat besi yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang ditemukan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. 

Sifat-sifat anti-radang dari bawang merah ini juga dapat membantu mencegah alzheimer, kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Bawang merah juga dapat menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

9. Mengandung Protein untuk Kesehatan Tubuh
Bawang merah mengandung protein yang tidak terlalu banyak. Per porsi bawang dengan berat 148 gram hanya ada 1 gram protein saja. Meski demikian, bawang ini bisa dijadikan pelengkap makanan seperti sambal mentah, untuk bumbu resep nasi goreng, atau makanan lain. Protein dalam bawang berwarna merah ini berkhasiat baik untuk memelihara dan membangun sel jaringan tubuh yang sehat.

10. Meningkatkan Imunitas 
Protein dan peptida dalam kandungan bawang merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat bawang merah mentah juga memiliki efek antioksidan yang membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Beberapa penyakit ini termasuk pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Jika kamu tidak senang mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, sebaiknya siasati dengan mencampurkan bawang merah ke dalam makanan kesukaan seperti, pecel, urap, burger, atau salad sayur.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...