Life

Ini Alasan Rasulullah Memperbanyak Puasa Sunah Syaban

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan puasa di luar Ramadan. Puasa tersebut kemudian dipahami dan diterapkan sebagai amalan sunah bagi umat Islam.

Tidak pernah Rasulullah melewatkan bulan apapun tanpa puasa. Tetapi, Rasulullah tidak pernah puasa sebulan penuh kecuali pada Ramadan.

Intensitas puasa sunah tersebut ditingkatkan Rasulullah ketika bulan Syaban tiba. Hal ini dijelaskan sendiri oleh Aisyah RA dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari.

" Diriwayatkan dari Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata, 'Nabi tidak berpuasa pada satu bulan lebih banyak selain di bulan Sya'ban. Sesungguhnya Nabi berpuasa pada bulan Sya'ban (seolah-olah) pada seluruh bulan'."

Hadis ini menjelaskan Rasulullah sering berpuasa di bulan Syaban tetapi tidak setiap hari. Karena saking seringnya, Rasulullah disebutkan seolah-olah berpuasa setiap hari saat Syaban.

Sebab Rasulullah Banyak Puasa di Sya'ban
Dikutip dari NU Online, Imam Al Qasthalani mencatat alasan Rasulullah memperbanyak puasa sunah saat bulan Syaban. Keterangan itu terdapat dalam kitabnya, Irsyadus Sari, mengutip hadis riwaya An Nasai.

Dari Usamah bin Zaid, ia berkata, "Aku bertanya pada Rasulullah, 'Wahai Rasulullah, aku tak melihat engkau berpuasa dalam sebulan sebagaimana engkau lakukan di bulan Sya'ban.' Rasulullah menjawab, 'Bulan itu (Sya'ban) adalah bulan yang banyak orang lalai darinya, karena berada di antara bulan Rajab dan Ramadan. Pada bulan Sya'ban, amalan diangkat ke hadirat Allah, maka aku ingin amalanku diangkat selagi aku sedang berpuasa'."

Inilah sebab Rasulullah memperbanyak puasa sunah saat Syaban. Posisi bulan ini yang diapit Rajab dan Ramadan membuat orang mengabaikannya. Padahal, banyak keberhakan yang terkandung saat Sya'ban.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...