News

Jarak Pandang di Pelalawan Hanya 500 Meter, Kabut Asap Mulai di Riau?

Ilustrasi. (sumber;internet)

PEKANBARU - Hari ini jarak pandang atau visibility beberapa wilayah di Provinsi Riau sangat terbatas. Terparah adalah di kabupaten Pelalawan, hanya 500 meter.

"Ada 4 wilayah yang jarak pandangnya sangat terbatas. Terparah adalah Pelalawan yakni hanya 500 meter," ujar Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki, Kamis (11/4/2019).

Ia mengatakan penyebab jarak pandang yang sangat terbatas ini adalah kabut.

"Kabut ini mengandung butiran-butiran air yang lebih banyak. Adapun proses terjadi pembentukannya adalah pada malam dan dini hari," ungkapnya.

Jarak pandang memang jadi terbatas, tapi kabut ini hanya bersifat sementara. "Adanya sinar matahari akan sebabkan terjadi penguapan uap air, sehingga semakin siang keadaan semakin terang dan membaik," terangnya.

Lanjut Marzuki, selain Pelalawan, daerah lain juga memiliki jarak pandang terbatas. Seperti Indragiri Hulu dan Dumai hanya 5 kilometer, yang disebabkan udara kabur. Sementara di Pekanbaru jarak pandangnya 7 kilometer.

"Kita terus lakukan pemantauan. Memang penyebab jarak pandang hari ini bukan disebabkan kabut asap. Masing-masih daerah berbeda pemicunya," tutupnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...