Warganet

Kemarin, WhatsApp Instagram dan Facebook Ngadat, Kenapa?

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Dahulu memang kadang ada gangguan di WhatsApp, tapi intensitasnya disebut-sebut tak sebanyak sekarang. Apalagi belakangan, Facebook, Facebook Messenger dan juga Instagram pun kadang mengalami masalah serupa alias tumbang bersamaan.

Pada sekitar 14 Maret lalu, error melanda Facebook, Instagram dan WhatsApp secara bersamaan. Artinya, baru dalam rentang waktu sebulan gangguan semacam itu kembali muncul.

Kala itu, saking lamanya masalah terjadi, beberapa pihak menyebutnya sebagai gangguan terparah sepanjang sejarahnya. Facebook tidak menjelaskan secara detail masalah yang mereka alami, hanya menjanjikan perbaikan segera. 

Sempat ada spekulasi Facebook kena serangan hacker yang segera mereka bantah. "Saya bisa mengkonfirmasi bahwa ini tidak ada hubungannya dengan usaha hack dari luar," kata juru
bicara Facebook, Tom Parnell, kepada Wired.

"Kemarin kami membuat perubahan konfigurasi server yang memicu serangkaian isu. Sebagai hasilnya banyak orang yang kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami," tulis Facebook dalam keterangan resminya kemudian.

"Kami telah menyelesaikan isu tersebut dan sistem kami telah pulih selama beberapa jam terakhir. Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan ini dan kami menghargai kesabaran semua orang," sebut pernyataan itu.

Ada pengamat sekuriti yang mengaitkannya dengan rencana integrasi antara Facebook Messenger, Instagram dan WhatsApp sehingga nantinya user bisa saling berkirim pesan lintas
platform. 

"Jadi ada bug yang menyebabkan hal ini dan memberi dampak pada hampir semua layanan utama milik Facebook," ujar peneliti keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya.

Kini, ketiganya kembali tumbang secara massal meski mungkin durasinya tidak sepanjang sebelumnya. Tentu apapun yang jadi penyebab, user ketiga layanan yang berjumlah miliaran berharap gangguan tidak sering terjadi.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...