News

Wako: Tahan Jempol, Tunggu Real Count KPU

PEKANBARU - Pelaksanaan pemilu 2019 sudah usai. Berbagai spekulasi mulai bermuculan di masyarakat, terutama melalui media sosial. Mulai hadirnya hasil sejumlah lembaga Quick Count yang menyatakan kemenangan salah satu calon, hingga adanya dugaan 'serangan hacker' di sejumlah website pelaksana pemilu. Tidak hanya nasional, hal tersebut juga terjadi di Kota Pekanbaru. 

Melihat kondisi ini dan mengakui ikut melihat polemik tersebut 'berseliweran' di media sosial, Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mengaku prihatin. 

"Saya prihatin dengan hal tersebut. Meski pada pertarungan itu pasti ada kalah dan menang, tapi ini adalah proses. Saya berharap jangan diteruskan lagi, karena pelaksana pemilu tentu sudah bekerja dengan baik dan sesuai SOP. Jadi mari kita tunggu hasil Realcount dari KPU yang jelas-jelas terlegitimasi," terang Wako saat dihubungi IDNJurnal.com, Jumat (19/4/2019). 

Diakui Wako, memang pada saat melakukan pemantuan pencoblosan di Kota Pekanbaru, Rabu (17/4/2019), pihaknya menemukan banyak TPS yang kurang surat suara. Hal ini tak lain karena antusias masyarakat Pekanbaru yang ingin ikut dalam pesta demokrasi ini. Bahkan diperkirakannya, tingkat pemilih di Kota Pekanbaru yang hanya ditargetkan 77,5 persen justru bisa mencapai 82 persen lebih. Namun, persoalan surat suara kurang tersebut sudah diberikan solusi dengan pemungkutan suara lanjutan (PSL) bagi yang belum memilih. 

"Solusi sudah ada, tinggal melaksanakannya. Untuk mereka yang memiliki hak pilih dan sudah mendaftar kemarin tapi tak bisa mencoblos karena surat suara kurang, ayo ke TPS lagi agar bisa mencoblos," imbau Wako.

Dengan hal tersebut, Wako kembali mengingatkan warga Pekanbaru khususnya tidak 'berperang' melalui media sosial atau dunia nyata. Firdaus mengajak masyarakat untuk menghormati segala hasil tersebut karena bagaimanapun ini adalah pilihan rakyat. 

"Hentikanlah menyebar informasi yang belum valid yang justru akan menimbulkan polemik baru. Tunggu saja hasil resmi dari KPU yang sedang bekerja. Bermedia sosial itu menjalin silaturahmi dan mendekatkan yang jauh, bukan sebaliknya. Mari kita sukseskan Pemilu ini tuntas dan selesai,'' ajak Wako.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...