Food

Sambal Indonesia Tidak Mendunia, Ternyata Ini Alasannya

IDNJurnal - Soal kuliner, Indonesia diakui negara kuliner besar. Bahkan, dari jenis sambal saja, Indonesian memiliki ratusan jenis sambal. Sebut saja, sambal terasi, sambal matan dan sambal-sambal lainnya. Sayangnya, tidak ada satu jenis sambal pun dari Indonesia yang sudah go internasional. 

Jika di Korea Selatan ada Gochujang, Wasabi dari Jepang, Chili Oil dari China, Sriracha dari Thailand, dan Salsa dari Meksiko adalah deretan sambal yang sudah mendunia. Sementara Indonesia, punya ratusan variasi makanan pedas, tidak ada mewakilinya. 

Ternyata penyebabnya karena memang varian sambal Indonesia tidak dipromosikan. Hal ini diakui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bahwa fokus yang dikenalkan ke dunia adalah Soto dan Kopi Indonesia. 

"Saat ini sambal belum secara spesifik masuk ke dalam program, tapi kami sudah lirik-lirik bahwa ini merupakan salah satu potensi. Mudah-mudahan setelah ini bisa dimasukkan dalam program," kata Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Simandjuntak di Jakarta, Senin (9/4/2018).



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...