News

Wako: Pekanbaru Smart City Madani yang Tingkatkan Ekonomi Syari'ah

PEKANBARU - Keberadaan Masjid Paripurna di Pekanbaru akan dikembangkan sebagai pusat perekonomian oleh Pemko Pekanbaru. Salah satunya yakni mendirikan toko di 13 masjid Paripurna, yakni 12 Kecamatan dan 1 di Masjid Agung Ar Rahman. Hal tersebut disebut Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT sebagai implementasi dari sebuah visi Pekanbaru Smrat City Madani. 

"Selain untuk pusat kegiatan agama, masjid paripurna juga akan dijadikan sebagai pusat perekonomian. Untuk itu di masjid tersebut juga akan dibuat toko yang pada tahun ini juga akan difungsikan. Ini bukan hal yang baru, tapi ini adalah implementasi dari sebuah Kota yang Smart dan Madani,” jelas Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT, Kemarin.

Firdaus menambahkan, inisiatif tersebut dengan membentuk toko modern di masjid paripurna tak lain untuk menyokong pemberdayaan ekonomi umat, sehingga dapat menopang perwujudan dari 6 pilar yang salah satunya membangun ekonomi yang cerdas.“Insyaallah tahun ini kita mulai dulu di 13 Masjid Paripurna, kita bangun sebuah toko dalam rangka meningkatkan ekonomi syariah dan memberdayakan ekonomi umat,” imbuhnya.

Dilanjutkan Wako, disamping membangun pilar smart ekonomi dengan membangun sebuah toko modern di masjid Paripurna, Firdaus berkeinginan membangun smart people di lingkungan masjid. Smart people yang dimaksud adalah menciptakan atau mencetak manusia-manusia cerdas melalui pemberdayaan Masjid dengan mengadakan sebuah lembaga pendidikan yang pada tahun sebelumnya belum terlaksana dengan baik.

“Smart Ekonomi dan Smart People akan kita tingkatkan di Masjid Paripurna. Sekolah Tinggi Al Qur'an juga akan kita gesa ditahun ini. Apakah itu berbentuk lembaga, namun yang pasti pemantapan ilmu pendidikan, dakwah, sunnah, bahasa Arab dan bahasa Inggris akan kita wujudkan di Mesjid Paripurna,” paparnya.

Hal ini telah dibuktikan Wali Kota Pekanbaru, Dr H Firdaus MT, pada Jumat (3/5). Orang nomor satu di Pekanbaru ini melantik pengurus Koperasi Syariah. Pelantikan yang dilaksanakan di rumah dinas Walikota Pekanbaru Jalan Ahmad Yani, dihadiri Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM), Idrus, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan (DPP), Ingot Ahmad Hutasuhut, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Muhammad Jamil. Wali Kota dalam sambutannya berharap, dengan dilantiknya pengurus Koperasi Syariah Kota Pekanbaru, dapat mewujudkan smart ekonomi.

"Wujud konkritnya smart ekonomi, bagaimana menggerakkan sumber ekonomi di kota ini yang berbasis syariah. Sumber itu diantaranya adalah dengan mendirikan koperasi syariah. Melalui Koperasi Syariah akan terwujud smart ekonomi di Kota Pekanbaru yang Madani," kata Firdaus.(adv/Pemko Pekanbaru)



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...