News

TEIP Pekanbaru Dilirik Jadi Invetasi Miliar Dollar Untuk Pembangunan Ekonomi

PEKANBARU - Setelah disahkannya Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyertaan Modal Atas Penyerahan Areal Kawasan Industri oleh DPRD Kota Pekanbaru, para investor asing langsung menyatakan minat untuk berinvestasi ke Kawasan Industri Tenayan (KIT). Salah satu langkah besar yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) yakni melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan China Property dan PT Bangun Riau Pertiwi di Jakarta, beberapa pekan lalu.

Dalam MoU yang disaksikan langsung Walikota Pekanbaru, Firdaus, turut hadir Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Muhammad Jamil dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut. Direktur Utama PT SPP Kota Pekanbaru, Heri Susanto di sela-sela acara usai MoU mengatakan bahwa jika MoU yang dibuat selama jangka waktu satu tahun ini akan melewati beberapa tahapan.

“Yang pertama yakni pembuatan rencana kerja dan anggaran, final Review Feasibity Study, dan Create Business Plan. Dalam jangka satu tahun seluruh persiapan tersebut harus dapat diselesaikan dan selanjutnya, barulah kita melangkah ke perjanjian kerjasama,” kata Heri Susanto.

Menurut Heri, seluruh pengurusan dokumen yang dibutuhkan merupakan tanggungjawab pihak investor agar tahun depan sudah ada aktifitas pembangunan di Kawasan Industri Tenayan (KIT).

“Sesuai pesan Pak Walikota, agar selesai MoU tadi bisa segera ditindaklanjuti. Untuk itu, semua pengurusan perizinan akan kami urus melalui DPMPTSP Pekanbaru,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru, Firdaus sangat menyambut baik langkah MoU tersebut. Bahkan, Ia pun mengucapkan terimakasih atas minat investor asal Tiongkok tersebut dengan menanamkan modal investasi di Kota Pekanbaru.

“Saya memberikan apresiasi dan bangga dengan banyaknya peminat yang ingin berinvestasi di Kawasan Industri Tenayan. Untuk itu, saya berharap MoU ini dapat segera ditindaklanjuti untuk selanjutnya dibuat perjanjian kerjasamanya,” ujarnya.

Di sisi lain, Direktur China Property, Mr. Wang Baolin menyebutkan jika pihaknya akan melakukan investasi di Kawasan Industri Tenayan (KIT) Kota Pekanbaru dengan total anggaran mencapai US$ 2 Miliar.(adv/pemko Pekanbaru)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...