News

Gara-gara Sehelai Rambut, Pria ini Rasakan Nyeri Hebat di Telapak Kaki

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Kerap dianggap sepele, helai rambut juga bisa membahayakan. Seorang pria Brasil mengeluh kesakitan parah akibat helai rambut.

Melansir Live Science, kejadian ini bermula dari keluhan sakit pada bagian tumit kaki kanan saat berjalan. Saat rasa sakit memburuk, pria memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter.

Ahli dermatologi, dr Fred Bernardes Filho, tak menemukan kesalahan apa pun di awal pemeriksaan. Pria 35 tahun itu juga tak mengalami cedera kaki. Namun, rasa sakit muncul kembali saat dokter memintanya berjinjit.

Dokter melakukan pemeriksaan lebih dekat pada tumit pria tersebut. Dia menemukan sehelai rambut berukuran 10 milimeter telah tertancap ke dalam kulit.

Temuan tersebut membuat pria didiagnosis mengidap cili migrans kulit, suatu kondisi langka. Kasus ini dilaporkan dalam The Journal of Emergency Medicine yang diterbitkan pada akhir Juni lalu.

Rasa sakit yang diidapnya, tulis penulis, disebabkan oleh serpihan rambut yang telah bermigrasi dan menyerap ke dalam kulit. Hal itu merangsang ujung saraf di lapisan kulit.

Kondisi ini menyerupai ruam yang disebabkan oleh cacing tambang. Ruam akibat cacing akan tampak kemerahan, sementara ruam akibat serpihan rambut hanya akan memunculkan garis hitam seperti benang di bawah permukaan kulit.

Laporan Medical Journal Armed Forces India pada 2016 lalu menemukan ada sekitar 26 kasus cili migrans kulit dalam 60 tahun terakhir.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...