Life

Ini yang Bakal Dialami Jika Anda Kurang Minum

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Air punya peran penting untuk tubuh. Jika kebutuhan air dalam tubuh tak terpenuhi, tubuh akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Sayang, masih banyak orang yang tak peduli dengan jumlah minimal konsumsi air setiap harinya. Padahal, beberapa hal yang mengganggu tubuh mengintai secara diam-diam.

Jika Anda salah satu dari mereka, siap-siap dengan beberapa hal berikut yang bisa menghampiri Anda.

1. Bau napas
Kurang minum bisa menyebabkan bau napas. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tak mampu memproduksi saliva atau air liur. Sifat antibakteri yang dimiliki saliva membantu menjaga kesegaran mulut.

2. Sembelit
Air juga berguna untuk sistem pencernaan. Mengutip Daily Meal, air mampu mengurangi risiko sembelit karena sifatnya yang memperlancar buang air besar. 

Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang cukup, maka kandungan air dalam tinja akan semakin sedikit. Tinja yang keras hanya akan membuat Anda kesulitan saat buang air besar.

3. Warna urine gelap
Urine berwarna gelap juga merupakan tanda dehidrasi. Pasalnya, air yang membantu menyaring dan mengeluarkan racun dari ginjal tak ditemukan banyak dalam tubuh.

Ginjal yang kekurangan cairan tak akan sanggup membuang racun yang ada di dalamnya. Akibatnya, air urine pun berwarna kuning gelap. Air urine gelap menandakan adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

4. Pusing
Kekurangan cairan berisiko pada rendahnya tekanan darah dan buruknya sirkulasi. Hal ini akan membuat otak kekurangan oksigen yang menyebabkan kepala terasa pusing.

5. Kulit kering
Kelembapan pada kulit akan berkurang jika Anda tak mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Kulit kering dapat diketahui dengan cara mencubit bagian tangan dan pipi. Jika setelah dicubit kulit mulai berkerut, artinya Anda harus mulai banyak mengonsumsi air.

6. Sakit kepala
Sakit kepala bisa juga disebabkan oleh dehidrasi. Gangguan ini bisa berujung pada migrain yang sangat berat. Minimnya kandungan air akan membuat otak menyusut sementara. Hal ini lah yang menyebabkan rasa sakit pada kepala.

7. Mudah marah
Mood bisa fluktuatif saat Anda kekurangan cairan. Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition membuktikan hal tersebut. Partisipan yang kekurangan cairan merasa sakit kepala, kelelahan, kehilangan fokus, serta mudah marah.

8. Otot kejang
Kekurangan air bisa menyebabkan otot menjadi lebih sensitif dan rawan mengalami kram dan kejang otot. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu melindungi organ vital dengan baik.

9. Detak jantung cepat
Sirkulasi darah akan menurun secara signifikan ketika Anda tidak mengonsumsi air dalam jumlah cukup. Hal itu akan membuat detak jantung lebih cepat dalam mengimbangi buruknya aliran darah.

10. Mudah lelah
Tubuh membutuhkan air sebagai bahan bakar utama untuk memperkuat energi. Jika air tidak mencukupi, maka tubuh dengan otomatis akan menghemat energi. Penghematan energi ini akan memperlambat kerja tubuh dan membuat Anda mudah lelah serta mengantuk.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...