Life

Harga Rokok Bakal Naik, Ini Tips Berhenti Merokok

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Untuk mengendalikan konsumsi rokok, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sepakat menaikkan cukai rokok sebesar 23 persen dan harga jual eceran sebesar 35 persen mulai 1 Januari 2020. Nah kalau kamu ingin mulai mencoba berhenti merokok, ada beberapa saran dari ahli kesehatan yang bisa dicoba.

dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, dari RS Persahabatan, Jakarta Timur, mengatakan hal utama agar bisa sukses berhenti merokok adalah motivasi dan keinginan. Awali langkah pertama dengan niat kuat benar-benar berhenti merokok.

"Nah, untuk mengawali dengan niat ini yang susah. Karena ada faktor kecanduan atau adiksi. Kalau motivasi masih kurang, tentu seseorang membutuhkan bantuan," kata dokter Agus.

Bantuan berhenti merokok bisa diberikan oleh tenaga medis dalam bentuk terapi konseling, obat-obatan, akupuntur, hingga hipnoterapi. Beberapa rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan terapi tersebut dan akan meningkatkan keberhasilan berhenti.

Terkait hal tersebut selain rokok konvensional kini mulai naik tren menghisap rokok elektrik atau vape. Menurut dr Agus keduanya sama-sama berbahaya sehingga sebaiknya berhenti dan menjauhkan diri.

Rokok elektrik atau vape tengah menjadi sorotan di Amerika Serikat. Kasus kematian akibat vape terus bertambah. Laporan terakhir 6 orang dinyatakan meninggal dan kematiannya dihubungkan dengan penggunaan vape. Sebanyak 450 kasus penyakit akibat vape sampai saat ini masih dalam investigasi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...