Trashod

Begini Cara Masak Mi Instan Yang Lebih Sehat dan Bergizi

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Bayangkan bagaimana gurih sekaligus kenyalnya mi instan. Apalagi dengan tambahan cabe rawit iris, dua butir telur yang dimakan panas-panas. Aromanya saja sudah sulit ditolak.

Namun sudah ada banyak anggapan yang menyebutkan bahwa mi instan punya efek yang buruk untuk kesehatan. Beberapa kasus kesehatan pun sempat diklaim terjadi karena terlalu banyak makan mi instan.

Benarkah mi instan tidak sehat dan sejahat itu? Adakah cara masak mi instan agar jadi lebih sehat dan bergizi? 

"Kualitas gizi mi instan jadi perhatian karena mengandung banyak lemak, lemak jenuh, dan natrium. Sedangkan serat, protein, vitamin, dan mineralnya sedikit," kata ahli gizi Mount Elizabeth Hospital, Seow Vi Vien dikutip dari Shape Singapore.

Seow mengungkapkan bahwa satu bungkus mi instan lengkap dengan bumbunya mengandung sekitar 1.700 mg natrium. Jumlah ini mencapai 85 persen dari jumlah asupan natrium harian yang direkomendasikan.

Padahal konsumsi terlalu banyak natrium bakal menyebabkan meningkatnya risiko tekanan darah tinggi dan juga stroke seseorang.

Orang yang mengonsumsi tiga porsi mi instan per hari bakal mengalami malnutrisi. Oleh karena itu Seow menyarankan untuk makan mi instan antara 1-2 kali seminggu.

Jika demikian, adakah cara untuk membuat mi instan jadi lebih sehat? Bagaimana cara masak mi instan agar lebih sehat dan aman disantap?

1. Tambahkan sayuran favorit
Menambahkan sayuran seperti daun bawang, sawi hijau, bayam, kangkung, kol, jamur, wortel, dan lainnya bisa membuat mi jadi lebih terpenuhi kebutuhan serat dan juga vitamin dari sayuran.

2. Daging tanpa lemak
Untuk membuat rasa mi instan lebih enak, Anda bisa menambahkan daging tanpa lemak yang lembut. Daging ini juga bakal membuat rasa mi jadi lebih gurih alami.

Jika Anda ingin menambahkan protein lainnya, Anda bisa menambahkan ikan dalam mi instan goreng.

3. Topping lainnya
Anda juga bisa menambahkan telur atau tahu ke dalam mi instan agar rasanya lebih enak dan tentunya kaya nilai gizi.

4. Buang bumbu siap pakai
"Hindari memakai semua bumbu untuk kuah mi instan. Ini akan membantu mengurangi asupan garam."

5. Ganti bumbu dengan kaldu
Mengutip Huffington Post, dibanding memakai bumbu yang disertakan dalam mi instan, untuk membuat mi jadi lebih sehat, pakai kaldu untuk merebus mi.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...