Hukrim

Jadi Kapola Riau Yang Baru, Siapa Irjen Pol Agung Setya?

Irjen Pol Agung Setya

PEKANBARU - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot tiga Kapolda di Indonesia, satu di antaranya Kapolda Riau, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Jumat (27/9/2019). Penggantinya adalah Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Pergantian Kapolda Riau itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2569/IX/KEP/2019 tertanggal 27 September 2019. Selanjutnya, Irjen Pol Widodo Eko akan jadi perwira tinggi di Badan Intelejen Negara (BIN).

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, membenarkan pergantian Kapolda tersebut. Rencananya serah terima jabatan dilakukan di Rupatama Mabes Polri pada 30 September 2019 apda pukul 08.00 WIB.

Terkait isu pergantian itu ada hubungannya dengan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Sunarto enggan menjawab pasti. "Mutasi itu hal yang biasa dan akan terus terjadi sesuai kebutuhan di organisasi Kepolisian yang memang sangat dinamis," ujar Sunarto.

Irjen Pol Agung Setya sebagai penggantinya diharapkan bisa membawa Riau lebih baik. Di kepolisian, karir jenderal bintang dua itu sudah tidak meragukan dan membuat bangga Indonesia karena menerima penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Saat ini Irjen Pol Agung Setya menjabat Deputi Siber Badan Intelijen Negara (BIN). Penghargaan kepadanya diberikan langsung oleh Wakil Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) David L Bowdich pada Juli 2019 lalu.

Apresiasi diberikan FBI atas jasa Irjen Pol Agung Setya dalam penyelidikan dan penyidikan kasus Kapal Equanimity. Kasus itu ditanganinya ketika dia menjabat Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri pada 2016 silam.

Berikut profil Irjen Pol Agung Setya:
Nama: Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi
Lahir: 8 Maret 1967
Pendidikan: Lulusan Akpol 1988

Riwayat Jabatan:
Pamapta Polres Salatiga (1988)
KBO Polres Salatiga (1989)
Kasat Reskrim Polres Salatiga (1992)
Kapolsek Bawen
Kapolres Bengkulu
Kanit III Dit II/ Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri (2010)
Kasubdit III Dirtipideksus Bareskrim Polri (2011)
Wadirtipideksus Bareskrim Polri
Dirtipideksus Bareskrim Polri (2016)
Deputi Bidang Intelijen Siber BIN (2018)




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...