News

Posko Kesehatan Penanggulangan Kabut Asap DPRD Riau Resmi Dibuka

PEKANBARU - DPRD Provinsi Riau bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membuka posko kesehatan dan rumah singgah kedap asap untuk bisa dimanfaatkan masyarakat yang terkena dampak kabut asap, Selasa (17/9/2019).

Ketua DPRD Riau sementara, Sukarmis mengatakan, bahwa rumah singgah yang terletak di samping lapangan tenis kawasan DPRD Riau ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan DPRD untuk menanggulangi kornan kabut asap.

"Ini ide dari kita bersama, dan alhamdulillah terlaksana. Kita juga sudah salat istisqa, bahkan Pak Jokowi juga sudah, semoga saja Allah SWT menerima doa kita semua dan menurunkan hujan," jelas Sukarmis.

Sukarmis mengucapkan terimakasih kepada IDI, Persi dan relawan yang telah berkonstribusi mewujudkan pendirian Posko ini.

"Terimakasih kepada IDI, Persi yang telah membantu dokter dan obat-obatan. Ini luar biasa," sebutnya.

Sementara itu. Ketua IDI Wilayah Riau, Zul Asdi menjelaskan, bahwa pihaknya telah menyiapkan dokter, fasilitas kesehatan lengkap, dan relawan yang akan membantu pasien di rumah singgah.

"Kita akan membuka rumah singgah ini sampai nanti hujan turun dan menghilangkan asap. Kita menyiapkan dokter yang sudah dijadwalkan, dan relawan," jelasnya.

Dia mengatakan ide pembentukan Posko ini berawal dari diskusi dari anggota DPRD Riau dr Asnita Sari, dr Sunaryo dengan IDI Pemprov Riau. 

"Dari diskusi tiga hari lalu dengan dr Sunaryo, dr Anita Sari, kondisi asap sudah berbahaya. Muncul keinginan untuk membuka Posko kedap asap di DPRD Riau," paparnya.

"Ini rumah sehat, nanti akan kita lengkapi dengan psikologi perkembangan anak tempat santai, permainan anak. Kita siapkan dokter dan relawan dari Fakultas Kedokteran UNRI. Mudah-mudahan tidak sampai sebulan asap sudah hilang," harapnya.

Untuk diketahui, Diruangan isolasi,  sudah dilengkapi alat penyaringan udara, namun saat diukur melalui alat ISPU diluar ruangan sekitar 400 mikron dan didalam ruangan sekitar 300 mikron, di dalam ruang isolasi 250 mikron.

"Kita masih butuh satu alat lagi agar udara seperti di pegunungan dan kualitas udara sekitar 50 mikron. Kami sudah pesan alatnya, untuk dana pembelian alat itu kita pikirkan bersama," jelasnya.

Selain itu lanjut di Posko ini juga disiapkan paket susu vitamin, untuk anak-anak dan dewasa.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...