News

Tol Manado-Bitung Ambruk, Ini Penjelasan PUPR

Kementrian PUPR saat meninjau tol yang rubuh di Manado. (sumber;internet)

MANADO - Proyek Jalan tol Manado-Bitung ambruk dan mengakibatkan tiga orang tertimbun runtuhan bangunan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan investigasi kecelakaan tersebut. 

"Itu pembangunan box overpass. Jadi ada box khusus. Dia perancang betonnya belum cukup kuat, mungkin ada kegagalan di perancangan," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi, Selasa (17/4/2018).

Pada kesempatan yang sama,Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Iwan Zarkasi menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi diduga akibat beton penyangga box yang masih belum siap. 


"Beton basah kemudian ada satu yang enggak kuat jadi langsung mengakibatkan jatuhnya tiang lainnya. Kira-kira itu, sebentar lagi diperbaiki cara metodenya," jelasnya.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Jasa Marga Agus Setiawan menyebutkan jalan tol sepanjang 39 km ini sebagian dibangun oleh pemerintah dan sebagian lagi oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Manado Bitung.

"Sesuai informasi dari lapangan, TKP ada di Km 13+200, merupakan bagian yang dibangun oleh Pemerintah, yang dilaksanakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional setempat. Sehingga untuk keterangan lebih detail dapat mengubungi pihak Balai atau kontraktor pelaksana di lokasi tersebut," jelas Agus.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...