Lingkungan

Anak Gajah Liar Terluka Parah Akibat Jeratan

sumber;internet

SIAK - Seekor anak gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) liar terluka akibat terjerat di Desa Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau. Anak gajah itu terpisah dari kelompoknya.

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau kini berupaya menyelamatkan gajah malang itu. Tim Rescue diturunkan ke lokasi agar gajah bisa dievakuasi dan diobati.

Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati, mengatakan, keberadaan gajah itu diketahui dari laporan masyarakat. Gajah terjerat nilon di Distrik Malibur, Desa Lubuk Umbut, dekat konsesi PT Arara Abadi.

"Informasi yang didapat gajah sedang berendam di sungai dan sudah ditinggalkan kelompoknya. Masyarakat membantu dengan mengawasi posisi satwa tersebut agar selalu terpantau," kata Dian, Rabu (16/10/2019).

Tim segera melakukan pelepasan jerat yang kuat mengikat gajah berjenis kelamin jantan, berumur sekitar 1 tahun tersebut. Pelepasan jerat selesai dilakukan sekitar jam 6 sore.

Namun karena kondisi gajah yang melemah dan luka parah, tim memutuskan melakukan tindakan medis darurat di lokasi. "Mengingat usianya yang masih tergolong sangat muda dengan daya survive yang masih sangat rendah, maka gajah tersebut akan menjalani perawatan/pemulihan intensif di Pusat Latihan Gajah (PLG) Riau di Minas," jelas Dian.

Menurut Dian, evakuasi dilakukan dengan pengawalan dua ekor gajak jinak bernama Bankin dan Indah. Masyarakat ikut membantu mengawasi posisi satwa tersebut.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...