News

Orang Terkaya ini Tidak Lulus SMA

Zhou Qunfei.(sumber;internet)

JAKARTA - Namanya rezeki pasti sudah ada jalannya untuk masing-masing manusia. Terbukti, lima orang ini berhasil menjadi orang terkaya meski tidak bersekolah tinggi.

Sudah banyak cerita-cerita miliarder yang berhasil walau tak menyelesaikan bangku kuliah. Mereka rata-rata adalah sosok jenius seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg. Pendiri Apple Steve Jobs juga tak lulus kuliah.

Ada pula sosok-sosok miliarder yang berhasil sukses meski hanya lulus SMA. Mereka memiliki kegigihan, inovasi, dan kreativitas yang mengantar mereka menjadi miliarder.

Dilansir dari Business Insider, berikut lima orang terkaya yang hanya mengenyam pendidikan SMA bahkan tak sampai selesai.

1. Zhou Qunfei
Zhou Qunfei (49) adalah perempuan terkaya di dunia yang keberhasilannya bukan karena warisan.

Dia adalah CEO Lens Technology, sebuah perusahaan manufaktur kaca dengan klien berbagai perusahaan besar, seperti Apple dan Samsung.

Dia keluar dari SMA untuk bekerja di pabrik kaca. Sembari bekerja, ia mengambil kelas akuntansi saat malam hari dan menabung untuk membuka perusahaan kaca miliknya sendiri pada tahun 2003.

"Saya telah menghadapi berbagai kesulitan dan rintangan sebagai seorang pengusaha. Tetapi kunci kesuksesan adalah terus gigih, terutama di saat-saat sulit," ujarnya.

Menurut Forbes, kekayaan miliarder ini mencapai USD 6 miliar (Rp84 triliun). (USD 1 = Rp14.010).

2. Amancio Ortega


Pernah beli baju atau dress di Zara? Pemilik Zara merupakan salah satu orang terkaya di dunia, Amancio Ortega (83).

Pria asal Spanyol ini merupakan orang terkaya nomor dua di Eropa dengan kekayaan USD 70,4 miliar (Rp985 triliun).

Ternyata, Amancio Ortega tidak pernah lulus SMA. Dia memilih putus sekolah pada umur 13 tahun untuk bekerja di sebuah toko pakaian.

Dari bekerja saat itulah dia belajar langsung soal pakaian. Pada usia 38 tahun, barulah dia membuka toko pertama Zara di Galisia.

3. Francois Pinault


Francois Pinault (83) masih seangkatan dengan Amancio Ortega. Kedua kakek ini berasal dari dua negara yang bertetangga. Sama-sama aktif di industri fesyen, mereka pun punya status miliarder.

Hal lainnya, Francois Pinault juga keluar dari SMA karena tak tahan diledek sebagai anak miskin. Dia memilih bekerja di tempat penggilingan ayahnya.

Walau pernah diledek, dia berhasil mendirikan perusahaan. Perusahaan itu adalah induk berbagai brand mewah seperti Gucci, Saint Laurent, Bottega Veneta, dan Alexander McQueen.

Menurut Forbes, kekayaan Francois Pinault mencapai USD 33,2 miliar (Rp464,6 triliun). Kering kini dipimpin oleh putra Francois.

4. Jay-Z


Rapper fenomenal Jay-Z (49) meraih status miliarder sejak pertengahan tahun 2019. Kekayaannya tak hanya bersumber dari musik, tetapi juga berkat sektor bisnis hingga real estate.

Jay-Z merupakan artis hip-hop pertama yang menjadi miliarder. Kekayaannya genap USD 1 miliar (Rp13,9 triliun).

Meski tidak menyelesaikan pendidikan SMA, rapper kelahiran New York itu mendorong para penggemarnya agar serius menekuni pendidikan.

5. Richard Branson


Richard Branson (69) memutuskan hengkang dari SMA karena penyakit disleksia yang dia derita. Langkah selanjutnya, Branson langsung membuka perusahaan media untuk anak-anak muda.

Dia tak hanya menekuni satu usaha dan membuka perusahaan pemesanan rekaman yang merupakan cikal bakal dari label Virgin Records.

Kini, Virgin Group yang dia pimpin memiliki 500 anak usaha, mulai dari travel, keuangan, telekomunikasi, hiburan, kesehatan, bahkan perusahaan ini sedang menggeluti bidang eksplorasi luar angkasa.

Richard Branson memiliki kekayaan sebesar USD 3,9 miliar (Rp54,4 triliun) dan baginya harta yang paling berharga tetaplah keluarga.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...