Life

Muncul Plak Kuning di Sekitar Mata, Mungkin Anda Kolesterol Tinggi

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sebuah unggahan Facebook menyatakan sakit kepala, rasa berat, dan pegal di leher belakang adalah tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menumpuk di aliran dan pembuluh darah hingga muncul kondisi tersebut.

Pada kenyataannya unggahan itu tidak sepenuhnya benar, karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh memiliki gejala bervariasi. Mulai dari tidak ada gejala hingga muncul kondisi lain. Selain stroke dan serangan jantung, kondisi lain yang muncul adalah xanthelasma.

"Xanthelasma ini muncul dekat-dekat area mata. Jika kondisi ini muncul, artinya kadar kolesterol dalam tubuh sudah tinggi," kata dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dr Indra Wijaya MKes, SpPD-KEMD, FINASIM, yang praktik di RS Pantai Indah Kapuk dan Eka Hospital BSD.

Dikutip dari situs Harvard Health Publishing, xanthelasma adalah plak berisi kolesterol yang berkembang di bawah kulit. Plak berwarna kuning ini lembut dan biasa ditemukan di kelopak mata atau sekitarnya. Plak paling sering ditemukan di dekat hidung.

Xanthelasma tidak bersifat atau menyebar seperti sel kanker. Plak umumnya jinak dan tidak mengganggu penglihatan. Namun munculnya xanthelasma harus menjadi peringatan terkait tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Sebelum muncul xanthelasma atau kondisi lain yang diakibatkan tingginya kadar kolesterol, dr Indra menyarankan check-up teratur. Dokter selanjutnya akan menentukan apakah kadar kolesterol dalam tubuh tergolong aman atau berbahaya, dan juga terapi yang diperlukan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...