Life

Amalan-Amalan Sederhana yang Nilai Pahalanya Luar Biasa di Sisi Allah

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Sebagai seorang muslim, ada lima tindakan dasar yang harus dilaksanakan dan dianggap sebagai pondasi wajib. Lima hal tersebut terdapat dalam rukun Islam.

Seorang muslim wajib hukumnya untuk mengucap dua kalimat syahadat, melaksanakan salat, berpuasa, membayar zakat, serta melaksanakan haji bagi yang mampu.

Tetapi, selain perintah yang wajib dilakukan ada beberapa amalan-amalan sederhana yang memiliki pahala luar biasa di sisi Allah SWT. Berikut beberapa amalan yang memiliki nilai pahala luar biasa yang dirangkum dari berbagai sumber:

Dzikir
Dzikir merupakan salah satu amalan yang kebaikannya lebih besar daripada dunia dan seisinya. Seperti dalam firman Allah :

Aku sesuai persangkaan hambaKu. Aku bersamanya ketika ia mengingatKu. Jika ia mengingatKu saat bersendirian, Aku akan mengingatnya dalam diriKu. Jika ia mengingat-Ku di suatu kumpulan, Aku akan mengingatnya di kumpulan yang lebih baik daripada itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Contoh kalimat dzikir yang bisa di praktikkan :
Subhanallah walhamdulillah, Laa Ilaaha Illallah, Allahu Akbar, Laa Hawla wa Laa Quwwata Illa Billah, Subhanallah wabihamdih, Subhanallahil Adzim.

Atau bisa juga :
Subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar

Menjenguk Orang Sakit
Bagi orang yang datang menjenguk orang yang sakit maka akan didoakan oleh 70 ribu malaikat. Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam surga, (HR. Tirmidzi)

Memudahkan Urusan Orang Lain
"Barangsiapa yang membantu menghilangkan satu kesedihan (kesusahan) dari sebagian banyak kesusahan orang mukmin ketika di dunia maka Allah akan menghilangkan satu kesusahan (kesedihan) dari sekian banyak kesusahan dirinya pada hari kiamat kelak. Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat. Dan barangsiapa yang menutup aib orang muslim , niscaya Allah akan menutup aibnya dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya." (HR. Muslim)

Memberi Kelonggaran Bagi yang Berutang
Rasulullahu shallallahu alaihi wasallam bersabda:
Barang siapa yang memberi tempo kepada seorang belum mampu membayar hutang maka setiap hari ia memiliki sedekah sampai hutang itu jatuh tempo. Jika jatuh tempo dan orang itu belum mampu membayar hutangnya kemudian ia memberi kelonggaran lagi, maka setiap hari ia bersedekah dua kali lipat dari harta yang dipinjamkannya, (HR Hakim dan disepakati oleh Al-Bani).

Belajar atau Membaca Al-Quran di Masjid
Barangsiapa menghadiri majelis ilmu di masjid atau membaca ayat suci Al-Quran maka pahalanya diibaratkan lebih besar dari pada mendapat dua ekor unta.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...