Life

Pasangan Ini Sukses Resepsi Pernikahan dengan Biaya Kurang Rp 25 Juta, Begini Caranya

sumber;internet

YOGYAKARTA - Menggelar pernikahan bagi sebagian pasangan bukan perkara murah karena menghabiskan biaya yang tak sedikit. Biasanya pasangan melaksanakan pesta pernikahan dengan biaya lebih dari Rp 50 juta. Tapi, tidak dengan pasangan asal Yogyakarta ini yang menggelar pesta pernikahan dengan bujet kurang dari Rp 25 juta.

Baru-baru ini pengguna Twitter @rizaasz jadi viral setelah menceritakan pernikahan dirinya yang menghabiskan biaya kurang dari Rp 25 juta. Riza melangsungkan resepsi pernikahan pada 22 September 2018 di Yogyakarta.

Sebelumnya Riza telah melangsungkan akad dengan acara bersama keluarga. Pasangan pengantin ini kemudian memutuskan untuk membuat acara terpisah. Mengantongi izin untuk bikin acara tanpa keluarga, mereka pun baru memutuskan untuk membuat selebrasi pernikahan 2 minggu sebelum akad.

Pada postingannya itu Riza menuliskan dengan detail tahapan bagaiamana ia bisa menyelenggarakan pesta pernikahannya dengan bujet murah. Berikut rincian yang ditulis Riza tentang pesta pernikahannya yang menelan biaya kurang dari Rp 25 juta.

1. Konsep Acara dan Budget
Riza dan suaminya mengaku sudah memiliki cita-cita untuk mengadakan pesta pernikahan dengan konsep 'garden party' dan hanya mengundang teman-teman saja. Tak memakai pelaminan dan memastikan vendor acara bisa menyiapkan kebutuhan sesuai keinginannya.

"Meskipun konsep ndakik-ndakik, budget kami ditekan banget agar tetap realistis dan habis nikahan bisa hidup. Kami ikhlas di angka 25jt. Dengan duit segitu risetlah kami ke semua wedding package/pax yg ditawarkan resto dan hotel," cuit Riza.

2. Daftar Undangan
Pada cuitan yang telah disukai 19 ribu lebih itu, Riza mengungkapkan bahwa ia sudah harus tahu menghadirkan berapa orang di resepsi pernikahannya. "Karena maunya kecil aja, maka kami list kurang lebih 150 orang aja. Iya, dikit sih tapi that was meaningful for both of us," terangnya.

Riza kemudian meminta bantuan sahabatnya, Mutia untuk mendesain undangan. "Kami sebar undangan seminggu sebelum acara. Undangan ini dibikin pake rsvp google form aja biar paperless, murah meriah, ga ribet," imbuh Riza.

3. Lokasi


Menurut Riza banyak hotel dan restoran yang tak menyanggupi karena waktu acara yang kurang dari satu bulan. Berdasarkan dari masukan temannya, Riza pun mencari lokasi yang baru buka karena biasanya akan banyak diskon.

"Nah, karena Joglo Brongkol baru banget lokasi kuberanikan diri buat tanya-tanya fasilitasnya apa aja. Ternyata 25 jt itu beneran all-in untuk akad, catering, dekor, musik, mc, dokumentasi. APA GA MURAH BGT TUH??? Langsung lah aku janjian buat lihat lokasi," cerita Riza.

4. Paket Pernikahan dan Nego Harga
Riza dan pasangannya mantap memilih Joglo Brongkol sebagai lokasi resepsi pernikahan karena tempatnya yang tak jauh dari kota dan rumahnya. Ia pun mengungkapkan lokasi yang dipilih tersebut sesuai dengan kriterianya, ada pendopo depan dan belakang, taman tengah, gazebo, musala, parkiran, panggung terbuka.

Awalnya Riza sempat khawatir dengan harga dan idenya tidak cocok dengan pemilik Joglo. Namun, setelah ngobrol panjang lebar, ia dan sang suami bisa mendapatkan paket pernikahan dengan harga Rp 20 juta.

"Aku sampaikan ke Bu Nunik (pemilik joglo) kalo aku hanya mau untuk 150 orang aja, tanpa mc & dokumentasi. Maunya garden party jadi banyak kursi biar semua bisa duduk, aman buat main anak, dan gausah pelaminan karena acara tanpa keluarga," jelas Riza.

"Lokasi, dekor, makanan ringan 3 macam, snack bar, dan musik. That's a good deal!!!!," imbuhnya.

5. Dokumentasi dan MC
Untuk dokumentasi, Riza dan suaminya mempercayakan pada Frens Duo dengan harga Rp 1 juta. Tapi, harga tersebut tahun lalu dan sekarang tentu sudah naik.

Riza juga mempercayakan pemandu acara atau MC dari lingkungan pertemanannya sendiri agar lebih mudah mengontaknnya dan akrab dengan hadirin.

"Setelah sejumlah nama, jatuhlah pilihan ke adek angkatan @.amaliamiftac di IG. Aku langsung menghubungi dan deal dgn rate 500ribu. Hamdalah ku suka acaranya jadi iduuup bgt dan dia ini mudah di brief. Sekarang yo jelas rate udah naik secara dia penyiar kondang juga~," ujarnya.

6. Baju dan Makeup
Riza memilih menyewa pakaian dengan harga Rp 800 ribu, sementara itu sang suami memakai baju yang sama dengan yang dipakai saat akad. Untuk riasan tampilannya, Riza mempercayakan pada makeup artist langganannya dengan harga Rp 500 ribu.

"Makeup, i always trust Kak Nia my luv yg sedang menunaikan cita-citanya di US. Untuk makeup aku dan my bf kami deal dengan rate 500ribu tapi itu dulu yow," ungkap Riza

7. Souvenir
Tak lengkap rasanya jika tanpa souvenir pernikahan. Riza dan sang suami memutuskan untuk memilih souvenir dengan kipas kecil hasil karya difabel Panti Bina Siwi dengan harga Rp 300 ribu. Ia pun menambahkan bahwa total biaya yang dihabiskan untuk resepsi pernikahannya sekitar Rp 23 jutaan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...