OtoTech

Makanan Yang Mengenyangkan Tapi Tidak Menggemukan

sumber : Internet

IDNJurnal - Perut lapar, namun takut gemuk? Apalagi yang sedang dalam program diet namun takut lapar dan menghindari beberapa macam jenis makanan. Jangan kawatir, karena ada makanan yang bisa membuat kenyang tapi tidak membuat berat badan bertambah loch! Simak disini ya warganet:

Berondong Jagung

Berondong jagung atau popcorn, jenis makanan ringan yang biasa kita cemil saat menonton film di bioskop ini mengandung 90 kalori. Buatlah berondong jagung versi sehatmu dengan minyak kelapa, dan tambahkan bubuk cabe untuk menambah rasa sekaligus memangkas rasa laparmu.

Sebagaimana diketahui, jagung adalah salah satu sumber karbohidrat, bahkan sempat menjadi makanan pokok masyarakat. Jika dimakan secara langsung, efek tepung dari berondong jagung mempercepat rasa kenyang dan memberi sedikit trik pada otak kita bahwa kita akan banyak makan kalori padahal tidak.


Buah Ara

Buah ara atau buah tin merupakan penawar alami bagi kamu yang suka makan makanan manis. Itu karena buah ini berdaging tebal dan manis yang tinggi serat (sekitar 37 kalori per buah) yang bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

Meski manis, rasa kenyang yang ditimbulkan buah ara berbeda ketika kamu makan kukis atau kue. Kamu bisa temukan buah ara di swalayan, dan sedikit tips: tambahkan keju kambing dan kacang walnut untuk sedikit tekstur dan rasa unik.

 

Oatmeal


Beberapa dari kita sudah cukup sering memakan oatmeal saat kecil, namun seiring waktu malah menghindarinya karena tampak tidak enak. Padahal oatmeal bisa membantu kita lebih cepat kenyang dan justru tahan lama.

Saat oatmeal yang kaya serat dimasak dengan air atau susu, mereka jadi lebih kental karena mampu menyerap cairan secepat kilat seperti spons. Ketika dikonsumsi, oatmeal akan butuh waktu untuk melewati sistem pencernaanmu dan membuatmu tak lagi lapar.

Coba masak oatmeal pagi ini dengan memberi beberapa topping di atasnya seperti kacang almond yang kaya lemak lemak tak jenuh untuk menambah tekstur. Kombinasi oatmeal dan almond dapat membantumu mengurangi risiko sakit jantung dan diabetes.

Buah Gandum

Protein akan memicu hormon ghrelin untuk memberitahu otak kita bahwa kita sudah kenyang dan serat mengaktivasi hormon penekan rasa kenyang dalam usus. Ellie Krieger, koki selebriti menyarankan mengonsumsi buah gandum dengan apel, kacang-kacangan dan sayuran untuk dijadikan salad.

 

Smoothies

Smoothies yang kental dan bisa kamu utak-atik resepnya ini dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan membuatmu tak terlalu banyak makan setelahnya, menurut sebuah studi dari Penn State University.

Tapi pastikan smoothiesmu tidak malah kebanyakan gula dan kalori, ganti gula dengan madu organik dan jangan gunakan sirup atau jus buah dalam kotak. Smoothies cocok buatmu yang tak punya banyak waktu untuk membuat sarapan di pagi hari.



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...