Tips & Trik

Olahraga ini Bisa Hilangkan Depresi

Ilustrasi berkuda. (Sumber;internet)

IDNJurnal - Pengelolaan stres adalah salah satu cara untuk hidup sehat terutama untuk kesehatan mental. Stres bila dibiarkan memang bisa berdampak buruk bagi kualitas hidup seseorang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres antara lain liburan, meditasi, dan olahraga.

Sebuah penelitian baru malah mengungkapkan bila ada jenis olahraga tertentu yang dapat memberikan efek positif pada pikiran. Jenis olahraga itu adalah resistance exercise training (RET). Salah satu latihan yang masuk dalam jenis olahraga ini adalah angkat beban.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Limerick, mengangkat beban berkaitan dengan penurunan gejala depresi yang signifikan. Para peneliti menyimpulkan jika latihan ini bisa dijadikan alternatif atau tambahan terapi untuk gejala depresi. Beruntung sekarang ini latihan angkat beban semakin populer di kalangan masyarakat.

Sejumlah perempuan menyenangi latihan ini karena menciptakan fisik yang ramping dan terbentuk sempurna serta meningkatkan metabolism. Selain itu, angkat beban juga membantu membangun kepercayaan dan memberikan kepuasan saat melihat kemajuan diri. Hal ini didukung oleh hasil kesimpulan dari 33 penelitian klinis yang melibatkan 1.877 orang. Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui efek pelatihan terhadap gejala depresi meliputi perasaan tidak berharga, mengalami suasana hati yang rendah, dan kehilangan minat dalam kegiatan.

"Menariknya, peningkatan lebih besar ditemukan di antara orang dewasa dengan gejala depresi ringan sampai sedang. Hal ini menunjukkan RET mungkin sangat efektif untuk mereka yang memiliki gejala depresi yang lebih besar," ungkap salah seorang peneliti, Brett Gordon seperti yang dikutip dari Independent, Rabu (16/5/2018).

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat dari latihan ini tapi belum pernah berlatih menggunakan dumbbell, Anda tidak perlu langsung mencoba mengangkat beban yang berat. Untuk pertama cobalah memasukkan latihan beban ke dalam rutinitas latihan dua hari seminggu. Lakukan pengulangan sebanyak 8-12 kali selama 8-10 minggu. Selain mengangkat beban, bentuk latihan lain seperti menggunakan band resistensi, pelatihan suspensi TRX, atau mesin seperti leg press juga bisa menjadi pilihan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...