News

Sungai Batang Lubuh Meluap, Kota Pasir Pengaraian Tergenang

sumber;internet

ROHUL - Luapan Sungai Rokan Kanan atau Sungai Batang Lubuh, malam ini, Selasa (3/12/2019), terus menunjukan peningkatan. Saat ini, banjir telah menggenangi sejumlah dusun yang berada di bantaran sungai tersebut, dan sudah mulai menggenangi jalan Tuanku Tambusai.

Dari pantauan di lapangan, banjir mulai menggenangi jalan Tuanku Tambusai, tepatnya di Simpang Supra, sekitar pukul 17.30 WIB, dengan ketinggian air berkisar 10 sampai 30 Centimeter.

Meski demikian, jalan utama di ibukota Rohul tersebut masih bisa dilalui kendaraan meskipun pengendara harus tetap berhati-hati. Ruas jalan yang terendam berada di beberapa titik, umumnya berdekatan dengan anak sungai dengan kontur jalan yang agak sedikit rendah. Namun air banjir belum sampai masuk ke pertokoan yang berada di kanan dan kiri jalan.

Terendamnya Jalan Tuanku Tambusai menyebabkan Warga di ibukota Kabupaten Rokan Hulu itu dibalut kecemasan. Pasalnya, sepekan lalu, warga baru saja mengalami banjir besar. Apalagi jika luapan banjir semakin meningkat warga takut banjir akan memasuki rumah pada malam hari sehingga menyulitkan mereka untuk menyelamatkan barang-barang.

"Selama ini banjir di Simpang Supra (Jalan Tuanku Tambusai) menjadi acuan bagi warga menentukan besar atau tidaknya banjir. Jika banjir sudah merembes ke jalan yang letaknya lebih tinggi dari permukiman warga, biasanya air sungai Batang lubuh itu besar dan berpotensi menyebabkan terjadinya banjir besar jika terus naik," jelas Usman, salah seorang warga, Selasa (3/12/2019).

Lebih lanjut Usman menjelaskan, meluapnya sungai Batang Lubuh, disebabkan karena hujan lebat yang mengguyur ibukota Rohul sejak Selasa dini hari dan hujan di hulu sungai, seperti di daerah Padang Lawas Sumatera Utara dan Bangun Purba.

Dari pantauan di lapangan malam ini, beberapa daerah yang berada di aliran sungai Batang Lubuh seperti Dusun Tanjung Harapan di Kelurahan Pasirpengaraian, Dusun Tulang Gajah di Desa Pematang Berangan dan Desa Babusalam sudah digenangi banjir setinggi 30-60 centimeter dan menggenangi jalan.

Pihak TNI, Polres Rohul dan BPBD juga telah menyiagakan perahu di Posko Penanggulangan banjir di Kantor PMI, jika banjir sudah masuk ke permukiman warga.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...