News

Pemprov Tak Janji 2020 Riau Bebas Asap

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau belum bisa menjamin tahun 2020 Riau bebas asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Kalau itu (2020 Riau bebas asap) belum bisa memastikannya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau, Ervin Rizaldy kepada pewarta, Kamis (5/11/2019).

"Yang penting kami terus melakukan upaya baik melalui pemerintah pusat maupun daerah. Kalau menjamin itu Tuhan yang tahu, kalau upaya tetap kita lakukan," sambungnya.

Dia mengatakan, upaya antisipasi Karhutla Riau tahun depan pihaknya telah menambah pompa portable di daerah dan menyiapkan alat ekskavator, agar masyarakat tidak membakar saat membuka lahan.

"Pak Gubernur kan inginnya membantu masyarakat mengolah lahan dengan tidak cara membakar, Pak Gubernur membantu masyarakat dengan menyiapkan ekskavator di kecamatan rawan Karhutla," ujarnya.

Dengan bantuan alat berat itu, lanjut dia, nantinya masyarakat yang mengelola lahan bisa menggunakan bantuan ekskavator, dan biayanya akan ditanggung oleh pemerintah.

"Itu untuk tahun depan. Kami juga akan menambah pompa portable yang bisa dibawa ke dalam hutan. Kalau di dinas saya melalui Pak Gubernur ada 40 unit yang kami siapkan," bebernya.

Selain itu, sebut dia, upaya pencegahan Karhutla juga terdapat di dinas-dinas lain seperti BPBD untuk membantu alat untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla tahun depan.

"Tapi saya kurang tahu berapa, itu dalam rangka untuk mengantisipasi Karhutla. Disamping itu kami juga melakukan penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya membakar lahan," tukasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...