News

Menteri PPPA Tiap Hari Terima 7 Laporan Kekerasan Perempuan dan Anak

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmavati mengaku setiap pagi ada tujuh laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak yang masuk ke ponselnya. Menurut dia, kabar itu ia peroleh setiap usai bangun tidur.

"Setiap hari kalau saya baru buka mata, pasti saya baca WA. Kemudian mencari infor itu rata-rata tujuh kasus (kekerasan) itu pasti masuk. Yang terjadi baik kepada perempuan maupun anak," ucap Gusti Ayu di kawasan Koja, Jakarta Utara, Selasa (17/12/2019).

Menteri PPPA menyadari betul bahwa angka tersebut tidaklah sedikit. Oleh karenanya, selaku kementerian yang bertanggung jawab terhadap isu tersebut, pihaknya menawarkan beberapa jurus.

Salah satunya adalah menelurkan program pemberdayaan perempuan yang berbasiskan pada kewirausahaan.

"Kami kalau kita (perempuan) berdaya secara materi, kita akan punya bargaining position dalam keluarga," ucapnya.

Gusti Ayu pun membocorkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan beberapa lembaga lain untuk mengadakan pelatihan kepemimpinan bagi perempuan di tingkat desa. Saat ini ia masih menggodok program tersebut. Ia memprediksi bahwa pada 2020 program pemberdayaan tersebut bisa diimplementasikan.

"Dan bukan hanya perempuan saja (yang ikut pelatihan), nanti ada 70 dengan 30. Yang 30-nya itu bapak-bapak," kata Menteri PPPA.

Bukan tanpa alasan pelibatan bapak-bapak dalam pelatihan pemberdayaan perempuan tersebut. Menurut wanita asal Pulau Dewata itu, pemberdayaan perempuan tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan para kaum laki-laki atau suami.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...