News

WADUH! Ada Jejak Harimau di Kualu Nenas Kampar

sumber;internet

KAMPAR - Warga Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, menemukan jejak kaki Harimau Sumatra, Jumat (6/12/2019). Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) sudah diturunkan untuk melakukan pengecekan ke lokasi.

"Pengecekan sementara, jejak itu terkonfirmasi adalah jejak Harimau Sumatera. Ukurannya diperkirakan sama dengan jejak Harimau Sumatra di Desa Karya Indah," ujar kepala BBKSDA Riau, Suharyono.

Terkait jumlah Harimau Sumatra yang ada di lokasi ini, Suharyono, belum bisa memastikannya. Infomasi beredar ada tiga ekor harimau.

"Terkait dengan temuan jejak Harimau Sumatra di Desa Kualu Nenas, kami belum dapat memastikan kebenarannya sebanyak 3 individu. Analis jejak dan analis data lapangan lainnya masih berlangsung" jelas Suharyono.

Belum diketahui juga apakah, Si Kucing Besar itu sama dengan yang melintas di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung. Menurut Suharyono, secara alamiah Harimau Sumatra betina jarang ditemui bersamaan dengan Harimau Sumatra jantan dan anaknya.

Bila induk harimau bersama anaknya, dipastikan anak itu berusia di bawah 2 tahun. "Atau belum lepas susu," ucap dia.

Suharyono memperkirakan Harimau Sumatra yang ditemukan di Desa Karya Indah adalah harimau jantan remaja dengan umur sekitar 2 tahunan yang baru lepas susu dari induknya.

Biasanya Harimau Sumatra remaja akan mencari daerah jelajah baru. Harimau akan menjelajah meliputi daerah yang cukup luas sampai akhirnya dia menemukan homerange pastinya.

"Dan itu butuh waktu karena di antaranya ketersediaan pakan dan jelajah Harimau Sumatra jantan lainnya yang tidak bisa overlap sesama Harimau Sumatra jantan," tutur Suharyono.

Suharyono mengimbau kepada masyarakat, terutama yang berada di lokasi ditemukannya jejak dan sekitarnya agar lebih berhati-hati dan tidak melakukan pemasangan jerat dan perburuan.

"Biarkan Harimau Sumatra dapat melintas menuju ke habitatnya," ingat Suharyono.

Saat ini, tambah Suharyono, Tim BBKSDA Riau sedang melakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk mengumpulkan data dan melakukan sosialisasi. Dia mengimbau masyarakat segera melapor apabila menemukan jejak kaki harimau.

"Masyarakat bisa segera melapor apabila mengetahui tentang informasi selanjutnya. Call centre kami 081374742982 untuk segera diambil tindakan sesuai kewenangan Balai Besar KSDA Riau," imbau Suharyono.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...