Trashod

Kata FBI, Hati-hati Posting Foto Liburan di Medsos

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Buat traveler yang lagi liburan akhir tahun, ada baiknya pikir dua kali saat posting foto liburanmu itu di medsos. Saran itu bahkan turut diberikan FBI di Amerika sana.

Waktu liburan jelas menyenangkan dan membagi momen-momen keceriaan itu di media sosial belakangan memang jadi sebuah kelaziman. Tapi perlu diketahui pula potensi bahayanya.

Dalam sebuah artikelnya, USAToday dengan tegas menabukan posting foto-foto di medsos ketika kamu sedang liburan. Bukan apa-apa, tindakan itu sekaligus memberikan pengumuman ke dunia maya bahwa dirimu sedang tidak berada di rumah.

"Ya, ada banyak kisah traveler pulang ke rumah yang kosong melompong karena mereka posting foto-foto liburan ke Facebook atau Instagram, dan tak tahu persis siapa saja 'teman-teman' online mereka," tulis artikel itu.

Alih-alih posting foto liburan seketika itu juga, apalagi jika cuma demi ngeksis dan pasang tagar liburan yang sedang trending, USAToday menyarankan agar kamu melakukannya saat sudah tiba di rumah saja.

Yang menarik, laman teknologi dari Federal Bureau of Investigation (FBI) Oregon juga memberikan saran yang sama dalam artikel tips liburan akhir tahunnya. Tak cuma itu, FBI Oregon juga menyarankan agar layanan lokasi ponsel dimatikan sekalian.

"Matikan layanan lokasi, terutama yang ada di akun-akun media sosial dan pengaturan kamera, demi menghindari orang-orang tahu persis di mana lokasimu saat ini."

"Selain itu, walaupun takkan mudah di dunia yang penuh berbagi seperti sekarang ini, pertimbangkan untuk tidak posting foto-foto mengenai petualangan asyikmu. Ya, anak-anakmu memang menggemaskan dan pagi hari saat Natal adalah momen mantap, tapi apakah kamu benar-benar ingin agar dunia tahu bahwa dirimu sedang tidak ada di rumah?" demikian FBI Oregon.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...