Life

Bolehkah Menggunakan Scrub Badan untuk Wajah?

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Walaupun sama-sama berfungsi mengangkat sel kulit mati, produk krim scrub untuk badan dan untu wajah berbeda lho. Mungkin Anda berpikir bahwa cara ini lebih ringkas, sekalian menggosok wajah sambil scrub badan. Ada baiknya Anda memisahkan penggunaan keduanya. Mengapa demikian?

Kulit badan memiliki sifat yang berbeda dengan kulit wajah. Secara struktur fisik, kulit tubuh lebih tebal dan “tahan banting” ketimbang kulit wajah yang sensitif dan tipis.

Maka itu, krim scrub buat badan biasanya memiliki tekstur yang lebih kasar dan tebal dibandingkan scrub wajah. Bahan aktif yang terkandung dalam scrub badan juga biasanya memiliki konsenstrasi asam yang lebih kuat dibandingkan produk buat wajah.

Dilansir dari Hello Sehat, ketika scrub badan dipakai untuk mengangkat sel kulit mati wajah, hal ini bisa saja menyebabkan kulit teriritasi. Iritasi pada kulit wajah akibat pemakaian scrub tubuh dapat menimbulkan jerawat, dan bahkan luka gores.

Mengatasi kulit wajah yang iritasi akibat pakai scrub
Kulit wajah yang memerah, perih, dan terasa panas karena iritasi dapat segera diatasi dengan mengompres dingin. Anda bisa mengompres kulit dengan es batu yang dibalut waslap atau dengan gel aloe vera (gel lidah buaya).

Mengutip Healthline, menurut dr. Aanand Geria, seorang dermatologis dari Geria Dermatology, gel lidah buaya dapat cepat meredakan iritasi taraf ringan pada kulit. Geria menyarankan untuk langsung mengoleskan lidah buaya pada permukaan kulit yang teriritasi.

Selama kulit masih teriritasi, Anda perlu menyesuaikan rutinitas perawatan wajah. Anda perlu sementara mengurangi pemakaian sabun wajah berbusa, retinol, maupun eksfoliator yang berbahan kimia sampai kulit benar-benar lembut.

Agar tak lagi mengalami iritasi akibat penggunaan scrub, pilihlah scrub yang memang dikhususkan untuk wajah. Penggunaan scrub wajah yang tepat dapat mengangkat sel mati yang menumpuk.

Untuk scrub wajah, Anda butuh mengenali dulu seperti apa tipe kulit wajah Anda, misalnya kering, kombinasi (berminyak dan kering), berminyak, sensitif, ataupun normal. Eksofiliasi tergantung dari tipe kulit Anda.

Secara general, scrubbing dapat dilakukan dengan menggunakan sikat eksofiliasi khusus wajah untuk mengusir sel kullt mati. Jangan lupa untuk menggunakan facial cleanser.

Selain itu untuk scrub wajah, Anda juga bisa menggunakan waslap dengan tekstur yang lembut. Sebelumnya, basahi kulit, lalu mulailah menggosok secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelahnya keringkan wajah Anda.

Anda bisa menggunakan cara dan rekomendasi di atas untuk melakukan scrub wajah. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kulit mengetahui perawatan yang tepat, tergantung jenis kulit Anda.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...