Lingkungan

Jika Berlebihan, Modifikasi Cuaca Ganggu Persediaan Air Tanah

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengakui Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) berpotensi bisa mengganggu pasokan persediaan air tanah apabila dilakukan berlebihan.

Namun, Kepala Balai Besar TMC BPPT, Tri Handoko Seto mengatakan operasi TMC yang saat ini dilakukan BPPT tidak akan mengganggu pasokan air tanah. Sebab, operasi itu tak dilakukan secara terus menerus.

"Benar kalau (TMC) dilakukan terus-menerus sepanjang tahun untuk kurangi curah hujan, maka betul pasokan air terganggu. (Tapi) TMC ini tidak terus menerus, kami selektif lakukan TMC," ujar Tri kepada pewarta, Selasa (21/1/2020).

Tri mengatakan operasi TMC paling lama berlangsung selama dua bulan. Sementara untuk kawasan Jabodetabek, operasi TMC rencananya akan dilakukan selama satu setengah bulan. Operasi TMC sendiri dilakukan berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG.

Ia mengatakan BPPT melakukan operasi TMC dengan berbagai perhitungan. Di satu sisi, BPPT melihat potensi curah hujan lebat penyebab banjir. Di sisi lain, BPPT juga memerhatikan kebutuhan wilayah terhadap hujan untuk menjaga pasokan air tanah.

"Kalau tidak terlalu berbahaya kita hanya lakukan satu kali operasi TMC per hari, kalau sangat berbahaya. Kita bisa empat kali operasi. Kita benar-benar perhatikan kebutuhan Jakarta akan hujan juga," ujar Tri.

Tri mengatakan pihaknya juga telah melakukan uji coba untuk mengukur dampak TMC. Ia mengklaim TMC tak memberikan dampak signifikan pada kualitas air.

"Kami sudah beberapa kali melakukan pengukuran sampel pada kegiatan TMC. Tidak ada perubahan yang signifikan pada kualitas air  sebelum, selama, dan setelah TMC," kata Tri.

TMC dilakukan dengan perhitungan untuk mengurangi curah hujan. Sebab, curah hujan yang tinggi jadi penyebab banjir. Sehingga menurutnya operasi TMC tak akan mengurangi pasokan air tanah.

Tri mengatakan intensitas operasi TMC dilakukan berdasarkan tingkat ancaman banjir. Semakin tinggi potensi banjir, semakin banyak pula operasi TMC yang dilakukan.

"Ketika ancaman banjirnya kuat maka TMC dilakukan dengan empat sorti penerbangan. Jika ancaman tidak ada maka tidak ada penerbangan. Tanggal 13 dan 14 Januari kami tidak melakukan operasi TMC karena tidak adanya ancaman banjir," kata Tri.

Kepala BPPT, Hammam Riza justru menyoroti masyarakat yang menggunakan air tanah secara berlebihan. Hal ini akan mengganggu siklus hidrologi.

"Siklus hidrologi pemakaian air tanah oleh penduduk atau masyarakat yang berlebihan yang menyebabkan kerusakan," kata Hammam.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...