Life

Tanda Tubuhmu Kurang Asupan Kalori Pagi Ini

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Entah kamu sedang berusaha menurunkan bobot atau menjaga berat badanmu kini, perhitungan kalori sangat penting dalam situasi apapun. Jumlah kalori yang kamu konsumsi dalam sehari bisa berpengaruh pada bobot, level kebugaran, dan energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Namun di era modern di mana diet dan gaya hidup sehat sedang banyak diminati, kebanyakan orang malah sangat membatasi asupan kalorinya. Jika terlalu ekstrem, malahan bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuhmu, lho.

Membatasi asupan kalori sesekali memang tidak berdampak terlalu besar, tapi jika dilakukan terus-menerus bahkan rutin bisa menyebabkan masalah pada mental, emosional, dan fisik. Dirangkum dari Times of India, berikut adalah 5 tanda tubuhmu kekurangan kalori:

1. Rambut rontok
Rambut rontok yang dimaksud adalah rontoknya rambut di luar normal. Bukan hanya 3 atau 4 helai, namun kamu mulai menyadari banyak helai rambut yang jatuh di lantai. Rambut yang rontok seperti ini menunjukkan bahwa kamu kekurangan kalori di tubuhmu. Perbanyak konsumsi kalori, protein, biotin, zat besi dan nutrisi lainnya penting untuk rambut lembut nan sehat.

2. Kekebalan tubuh menurun
Apakah kamu sering merasa sakit? Jika kamu sering batuk dan bersin dan sedikit demam, maka kamu harus memerhatikan kebiasaan makanmu. Kurang makan berarti tubuhmu tidak mendapatkan cukup nutrisi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan melawan penyakit. Sebagai hasilnya, kamu akan sering sakit dan akan lebih lama pulih dari sakit.

3. Kedinginan terus-menerus
Asupan kalorimu dan suhu tubuh memang terkait satu sama lain. Tubuh butuh membakar sejumlah kalori untuk memproduksi panas, yang bisa membantu menjaga suhu internal tubuh. Saat kamu mengonsumsi sedikit kalori, tubuh tidak mendapatkan cukup kalori dan kesulitan untuk menjaga suhu inti tubuh. Inilah alasan mengapa kamu merasa kedinginan terus-menerus dan butuh mengenakan jaket melulu.

4. Masalah kulit
Kulit kering, pecah-pecah di ujung bibir dan kuku kasar mengindikasikan adanya kekurangan nutrisi. Kebanyakan hal ini disebabkan oleh kurangnya vitamin E, yang biasanya memang menyebabkan masalah kulit. Jika belakangan ini kamu menyadari adanya perubahan dalam kondisi kulitmu, maka kamu harus memperbaiki kebiasaan makanmu.

5. Uring-uringan

Merasa kesal atau uring-uringan adalah gejala lainnya dari kekurangan kalori. Makan lebih sedikit membuatmu merasa lapar setiap waktu, yang akhirnya nanti bisa membuatmu hangry atau marah-marah karena lapar. Kamu bisa kehilangan konsentrasi dan uring-uringan tanpa alasan.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...