Health

Ingat! Penderita Gula Darah Tinggi Jangan Konsumsi Ini

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Menderita gula darah tinggi berarti Anda harus selektif dalam memilih jenis asupan. Meski demikian, masih ada penderita gula darah tinggi yang bisa mengonsumsi makanan atau minuman manis tertentu.

Tapi, memilih makanan sehat adalah kewajiban. Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan pertama yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mi, dan roti putih, merupakan beberapa contoh sumber karbohidrat sederhana yang harus Anda hindari. Mengapa demikian?

Berikut ini beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

1. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana


Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, roti putih merupakan beberapa contoh sumber karbohidrat sederhana yang harus Anda hindari. Mengapa demikian? Selain minim kandungan serat, kandungan gula dalam karbohidrat sederhana juga mudah di serap oleh tubuh yang berakibat gula darah meningkat. Dan Anda juga akan mudah merasa lapar lagi.

2. Makanan berlemak
Makanan yang harus Anda hindari selanjutnya adalah makanan berlemak. Hindari asupan makanan yang mengandung lemak jenuh karena di dalamnya terdapat lemak tinggi. Lemak sangat tidak bagus untuk Anda yang punya kadar gula darah tinggi, karena dapat memperlambat pankreas untuk menghasilkan insulin. Akibatnya, kadar insulin didalam tubuh akan menurun.

3. Minuman kemasan


Minuman yang ada di dalam kemasan biasanya mengandung gula yang sangat tinggi. Bukan hanya yang bersoda, jus kemasan juga termasuk. Selain gula, kandungan lainnya juga tidak kalah berbahaya seperti perisa buah pada jus. Biasanya, memakai pemanis fruktosa yang dapat mengakibatkan resistensi insulin.

4. Makanan kemasan tinggi karbohidrat
Makanan kemasan seperti keripik kentang, sereal, biskuit bukanlah pilihan makanan yang ideal, karena cenderung mengandung karbohidrat tinggi. Makanan kemasan juga mengandung pengawet yang berbahaya untuk kesehatan tubuh karena memiliki sifat karsinogenik yang bisa memunculkan kanker.

Jadi, bagi Anda yang punya kadar gula darah tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang segar dan alami. Karena selain aman, juga lebih menyehatkan.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...