Life

5 Makanan Sehatkan Pencernaan, Dari Telur hingga Oatmeal

sumber;internet

JAKARTA - Makanan untuk sehatkan pencernaan ini cocok dikonsumsi kamu yang memiliki masalah perut. Mulai dari telur, pisang, hingga biji-bijian.

Masalah pencernaan atau usus banyak dialami orang-orang. Saat mengalami masalah tersebut, tubuh jelas terganggu. Beberapa gejala yang sering dirasakan adalah perut kembung hingga sembelit.

Hal tersebut bisa dipicu konsumsi makanan yang tidak sehat dan minim serat. Untuk kamu yang sering mengalami masalah kesehatan usus dan pencernaan ,ada baiknya mengonsumsi makanan tinggi serat.

Makanan yang bisa dikonsumsi dan mudah dicerna tersebut bisa berupa sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian. Diantaranya ada pisang, telur, ayam, produk susu, hingga biji-bijian.

Dilansir Food NDTV (21/2/2020), berikut 5 makanan untuk sehatkan pencernaan.

1. Pisang
Makanan untuk sehatkan pencernaan pertama adalah pisang. Buah berkulit kuning terang ini sangat populer karena manfaat sehatnya. Pisang dikenal kaya serat sehingga banyak dijadikan menu sarapan dan sering dikonsumsi pelaku diet.

Pisang yang dikenal sebagai salah satu buah yang sehat karena kaya akan nutrisi baik seperti serat, vitamin, mineral, dan lainnya. Diantaranya ada kandungan karbohidrat, protein, serat, kalsium, lemak, dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin B, dan juga vitamin C.

Pisang juga sering dijadikan makanan diet karena buah ini memiliki kalori yang rendah sebanyak 99 kalori saja. Selain kandungan serat yang tinggi, pisang pun memiliki kandungan cairan yang tinggi sehingga baik bagi mereka yang sering sembelit. Buah ini pun memiliki rasa yang legit dan teksturnya lembut sehingga mudah dicerna.

2. Telur
Makanan untuk sehatkan pencernaan selanjutnya adalah telur yang tinggi protein. Telur sangat baik untuk kesehatan. Tak heran telur sering diolah jadi menu sarapan dan makanan diet.

Telur kaya akan kandungan nutrisi baik, diantaranya mengandung protein, kalsium, dan lainnya. Ada juga kandungan zat besi dan sejumlah vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan lemak juga terdapat pada telur terutama pada kuning telur.

Karena kandungan lemak pada kuning telur terbilang tinggi jadi lebih baik hanya mengonsumsi putih telur jika kamu memiliki masalah pencernaan. Putih telur yang memiliki tekstur lembut ini sangat mudah dicerna. Kamu pun harus menghindari penambahan keju dan mentega saat mengolah telur, karena bahan makanan tersebut sulit dicerna perut.

3. Daging ayam
Daging ayam juga jadi salah satu makanan untuk sehatkan pencernaan. Daging ayam terkenal memiliki sejumlah protein yang baik untuk kesehatan.

Selain itu daging ayam juga tidak mengandung karbohidrat, sehingga baik untuk usus. Karena daging ayam yang memiliki tekstur lembut dan mudah rusak saat dicerna oleh lambung. Daging ayam juga sering dijadikan sebagai makanan sehat bagi para pelaku diet, terutama bagian dada ayam.

Namun saat mengolahnya perlu diperhatikan, daging ayam yang baik untuk kesehatan pencernaan adalah yang diolah tanpa kandungan minyak berlebih. Karena penggunaan minyak dapat menambah kandungan lemak sehingga dapat memicu masalah kesehatan pencernaan. Ada baiknya daging ayam diolah dengan cara dipanggang, rebus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

4. Produk Susu
Produk susu juga baik dikonsumsi kamu yang memiliki masalah kesehatan pencernaan. Produk susu dikenal sebagai makanan yang mudah dicerna oleh tubuh karena banyaknya kandungan air. Selain itu kandungat serat pada produk susu juga tidak terlalu banyak.

Produk susu juga banyak digunakan sebagai menu sarapan dan makanan diet. Produk susu yang mengandung lemak rendah seperti susu rendah lemak, yogurt, dan jenis keju sehat seperti keju cottage dan keju feta sangat baik untuk kamu yang sedang berdiet dan mengalami masalah pencernaan.

Minuman fermentasi yang menggunakan produk susu pun juga baik untuk dikonsumsi setiap hari. Karena susu fermentasi mengandung sejumlah bakteri baik seperti lactobacillus yang sangat baik untuk kesehatan usus. Sehingga dapat memperlancar kesehatan pencernaan jika rutin dikonsumsi.

5. Biji-bijian
Satu lagi makanan untuk sehatkan pencernaan, yaitu biji-bijian. Karena biji-bijian mengandung asupan serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jika mengonsumsinya secara rutin, pencernaan pun tidak akan mengalami hambatan.

Makanan olahan yang mengandung biji-bijian salah satuya adalah oatmeal. Oatmeal juga sangat populer dan memiliki beragam manfaat kesehatan diantaranya untuk kesehatan pencernaan, diet, hingga penyakit jantung. Biji-bijian lainnya yang baik untuk kesehatan pencernaan adalah biji selasih.

Makanan lain seperti nasi putih dan roti tawar, karena kedua makanan ini berasal dari biji-bijian. Nasi berasal dari beras dan roti tawar berasal dari tepung gandum. Testur kedua makanan tersebut pun baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat turut ditemukan pada dua jenis makanan tersebut.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...