News

Ada Polisi 'Corona' Usir Warga India Untuk Tetap di Rumah

sumber;internet

JAKARTA - India melakukan lockdown guna mencegah penyebaran wabah virus corona. Supaya warga tidak berkeliaran, Kepolisian India juga melakukan sweeping dan sosialisasi dengan cara yang unik, yakni menggunakan helm berbentuk virus corona.

Mengutip dari Livemint, Ahad (28/3/2020) desain helm itu lahir dari seniman lokal bernama Gowtham. Ia membingkai bagian luar helm dengan kelir merah dan menempelkan kertas yang menyerupai mahkota virus corona.

"Saya menggunakan helm yang rusak dan beberapa potongan kertas untuk menyiapkan ini. Saya juga telah menyiapkan beberapa plakat yang bertuliskan slogan (untuk dirumah saja-Red) dan siap untuk diserahkan ke polisi," katanya.

Inspektur Polisi Rajesh Babu yang menggunakan helm itu di jalan kota Cehnnai, Tamil Nadu, India mengatakan sejauh ini dampaknya cukup efektif untuk membuat masyarakat sadar.

Rajesh mengatakan cara ini merupakan hal lain untuk menyelamatkan mereka dari virus corona agar tidak bepergian.

"Kami mengambil semua cara tetapi orang-orang masih keluar di jalanan. Oleh karena itu, helm corona ini adalah salah satu langkah yang kami ambil untuk memastikan bahwa orang-orang sadar akan keseriusan petugas."

"Helm adalah upaya untuk melakukan sesuatu yang berbeda ketika saya menggunakan helm ini, bahaya corona virus ini yang muncul di benak para pengendara. Terutama, anak-anak bereaksi keras setelah melihat ini dan ingin segera pulang," tutur dia.

Sebagian besar dari 1,3 miliar orang di negara tersebut telah diperintahkan untuk tetap tinggal di dalam rumah selama tiga minggu, terhitung mulai Rabu (25/3). Saat ini di India tercatat sudah 819 kasus positif corona dan 19 orang sudah meninggal dunia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...