News

Pengabdian Pada Masyarakat, Relawan Satgas Unri Menjadi Tim Gugus Tugas Covid-19 Dalam Pelaksanaan U

PEKANBARU - Dalam rangka membantu petugas kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam memberantas virus corona, mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 Satuan Tugas Siaga Bencana Universiras Riau menjadi tim Gugus Tugas Covid-19 dalam pelaksanaan UTBK 2020. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan pada 5-14 Juli 2020 di berbagai lokasi di Kota Pekanbaru. Terdapat 9 lokasi pelaksanaan UTBK 2020 di Kota Pekanbaru, diantaranya: Universiras Riau, UIN SUSKA Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, STMIK Amik Riau, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru, SMK Labor Binaan FKIP UNRI, SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru, dan SMK Muhammdiyah 2 Pekanbaru.

Relawan Satgas UNRI bertugas untuk menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan UTBK 2020. Kegiatan yang dilakukan relawan Satgas UNRI yaitu melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan thermogan, menggunakan masker dan sarung tangan, melakukan cuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruangan ujian, dan lain-lain. 

Penerapan ini dilakukan pada semua orang yang akan memasuki area UTBK, baik itu peserta, pengawas, teknisi, dan lainnya. Jika terdapat peserta ujian yang tidak memenuhi standar protokol kesehatan kesehatan Covid-19, maka akan dilaporkan ke panitia dan petugas kesehatan atau peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian. Hal ini tentunya dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona dalam pelaksanaan UTBK.

Kegiatan ini melibatkan 65 relawan Satgas UNRI yang terbagi atas 3 tim di 9 lokasi pelaksanaan UTBK. Tim pertama yaitu yang bertugas melakukan penyemprotan disinfektan ruangan yang berjumlah 18 orang, tim kedua yaitu yang melakukan pengecekan suhu berjumlah 25 orang, dan tim 3 yaitu yang melakukan sterilisasi peralatan UTBK seperti mouse, keyboard, meja, kursi, dan lainnya berjumlah 33 orang.

Sehari sebelum pelaksanaan UTBK, para relawan dibekali dengan APD lengkap melakukan penyemprotan disinfektan ruangan yang akan digunakan dalam pelaksanaan UTBK. Selanjutnya pada saat pelaksanaan UTBK, setiap harinya para relawan bertugas melakukan pensterilan peralatan yang kerap disentuh seperti frane komputer, keyboard, mouse, pena, meja dan kursi. Dikarenakan dalam sehari UTBK berlangsung dua sesi yaitu pagi dan siang, maka relawan juga melakukan pensterilan peralatan dua kali sehari yaitu sebelum sesi pagi dan siang dimulai. 

Jelang ujian dimulai, peserta dipanggil untuk berbaris dengan tetap menjaga jarak antar peserta ujian. Setelah itu para relawan mengarahkan peserta untuk melakukan pembersihan tangan dengan mencuci tangan bila di lokasi ujian terdapat cuci tangan atau menggunakan handsanitizer, melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta mengecek masker, sarung tangan dan handsanitizer yang wajib dibawa oleh peserta ujian sendiri. Bagi peserta yang tidak membawa, panitia menyediakan cadangan masker, sarung tangan dan handsanitizer. Setelah melakukan serangkaian kegiatan diatas, barulah peserta diizinkan memasuki ruang ujian. Di dalam ruangan ujian juga diterapkan protokol kesehatan dimana terdapat jarak antar peserta dalam penggunaan komputer.

Dalam menjadi tim Gugus Tugas Covid-19, relawan Satgas UNRI dibekali hand sanitizer, baju hazmat, masker, sarung tangan, dan juga face shield.”Relawan yang bertugas sebagai tim Gugus Tugas Covid-19 ini, diberikan hand sanitizer, baju hazmat, face shield, sarung tangan, dan masker sesuai anjuran protokol kesehatan”, ujar Sekretaris Satgas Siaga Bencana UNRI Dr. Arifudin.
Pasca pelaksanaan ujian, para relawan memastikan peserta ujian melakukan pembersihan tangan dengan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer serta memastikan tidak ada peserta ujian yang berkumpul berkerumun dan langsung pulang kerumahnya masing-masing. 

Tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 pada pelaksanaan UTBK ini dilakukan dengan konsisten hingga pelaksanaan UTBK selesai/berakhir. Sehingga dengan adanya penerapan protokol kesehatan ini maka kegiatan UTBK dapat terlaksana dengan baik.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...