News

Tabrak Tiang Bubu, Kapal Nelayan Rohil Tenggelam

sumber;internet

BAGANSIAPIAPI - Kapal nelayan kembali tenggelam di perairan, Bagansiapiapi, Rokan Hilir (Rohil). Kali ini, kapal nelayan tenggelam dikarenakan menabrak bubu tiang, Senin (27/7/2020).

Hasan selaku tekong kapal saat ditemui pewarta mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.30 wib pagi tadi saat ia bersama empat rekannya menuju pulang usai melaut.

"Kejadian tadi subuh pas kita mau pulang, kapal kita menabrak bubu tiang yang ada di Kuala Bagan," katanya.

Hasan menerangkan, ia bersama rekannya berangkat melaut pada Sabtu tanggal 25 Juli 2020 yang lalu. Setelah hari ketiga, mereka pun bergegas untuk pulang. Namun saat tiba di Kuala Bagan, kejadian naas tersebut menimpa kapal yang mereka bawa.

"Jalur itu sudah biasa kita lalui, namun tiba-tiba kapal menabrak bubu tiang yang patah dan kapal kita tenggelam," jelasnya.

Usai menabrak tiang bubu, katanya, kapal sempat tertahan. Namun setelah air pasang, kapal hanyut dibawa arus sekitar 2 mil dari tempat kejadian.

Saat kejadian itu, tekong kapal menghubungi saudaranya melalui jaringan telepon. Kemudian saudaranya tersebut melaporkan peristiwa itu kepada Satpol Air dan Basarnas.

Hanya berselang beberapa jam, Basarnas, Pol Air dan TNI AL langsung turun ke lokasi dan mengevakuasi nelayan beserta kapal yang karam. Kapal di tarik menuju pelabuhan rakyat yang ada di Bagansiapiapi.

Tekong kapal bersama empat rekannya selamat. Namun hasil tangkapan hilang dan alat tangkap nelayan rusak.

Setibanya di Bagansiapiapi, keluarga para nelayan tersebut telah menyambut dengan isak tangis. Mereka bersyukur atas keselamatan keluarganya.

Tekong kapal dan rekannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Basarnas, Satpol Air dan TNI AL yang telah cepat tanggap memberikan pertolongan dan evakuasi.

Hasan menambahkan, keberadaan bubu tiang memang sangat membahayakan bagi para nelayan. Apalagi, bubu tiang tersebut telah banyak yang patah sehingga tidak tampak terendam di dalam laut.

Kejadian kapal tenggelam akibat menabrak bubu tiang sering terjadi. Karena itu, warga berharap bubu tiang tersebut segera ditertibkan.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...