Eksbis

BEI Sebut Transaksi e-Commerce Setiap Tahun Meningkat

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Jayadi mengatakan pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi khususnya internet semakin memudahkan manusia melakukan segala hal dengan mudah. Hanya dengan sentuhan jari di gadget semua aktivitas dapat dilakukan dalam waktu singkat di manapun dan kapanpun.

"Internet memunculkan peluang baru dalam dunia bisnis dan e-commerce adalah salah satunya," ujar Inarno Jayadi dalam Seminar E-Commerce Unicorn Startup of Indonesia: How and What Next yang dilangsungkan secara virtual pada ajang Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020, Rabu (21/10/2020).

Ia menjelaskan industri e-commerce mengalami pertumbuhan pesat beberapa waktu terakhir, meski pertama kali masuk ke Indonesia diragukan oleh konsumen.

"Tapi seiring berjalannya waktu, e-commerce mendapatkan kepercayaan dari konsumen," jelasnya.

Hal tersebut terlihat dari peningkatan tren transaksi e-commerce setiap tahunnya.

Data sensus BPS menyebutkan, pada tahun 2019 saja, pertumbuhan usaha e-commerce mencapai 25,11 persen. Padahal sebelumnya tahun 2010, usaha e-commerce di Indonesia hanya tercatat sebanyak 1,53 persen. Indonesia salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan industri e-commerce terbesar.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia masih akan terus meningkat dengan bertambahnya jumlah pengusaha, pelaku UMKM, startup dan perumahan rastra Indonesia. Khususnya pada generasi milenial serta situasi pendemi yang mengubah kebiasaan masyarakat dari berbelanja di toko secara fisik menjadi belanja secara online.

"Ya, bisnis e-commerce sangat menjanjikan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan e-commerce yang berkembang sangat besar. Karena sebagian besar perusahaan pendirinya milenial, mereka sangat cepat melakukan inovasi produk atau jasa mengikuti perkembangan teknologi saat ini," sebutnya.

Salah satu hal yang dibutuhkan untuk dapat terus berinovasi dan mengembangkan bisnis adalah pendanaan dan pasar modal menjadi alternatif pendanaan yang menarik bagi perusahaan-perusahaan tersebut. Hal ini akan didiskusikan lebih detail dalam seminar kali ini.

"Kami yakin para peserta khususnya pemilik usaha akan menikmati diskusi ini. dengan narasumber yang kompeten di bidang e-commerce dan bisnis," pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...