Lingkungan

Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir!

sumber;internet

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi mengakhiri Status Siaga Darurat Karhutla Provinsi Riau 2020.

Pengakhiran status tersebut dipimpin oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution di ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (27/10/2020).

Pengakhiran status siaga sesuai Surat Keputusan (SK) penetapan Status Siaga Darurat Karhutla Riau sampai 31 Oktober 2020.

"Alhamdulillah Status Siaga Darurat Bencana Karhutla tahun 2020 pada tanggal 31 Oktober 2020 saya nyatakan berakhir," ungkap Wagubri.

"Dan Alhamdulillah sampai sekarang bulan Oktober kita masih terbebas dari asap. Ini semua berkat kerjasama kita semua stokeholder, dan dukungan pemerintah pusat," ungkap Edy Nasution lagi.

Dengan begitu, Wagubri berharap berdasarkan data yang disampaikan BMKG, bahwa bulan Oktober sudah masuk musim hujan, dan November sudah puncak hujan tidak ada kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Sementara itu, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, Pemprov Riau pertama di Indonesia yang menetapan status siaga Karhutla setelah mendapat arahan dari Priseden.

"Sudah 264 hari kita menetapan status siaga tingkat provinsi. Status ini ditetapkan pada 11 Februari lalu, dimana setelah beberapa hari Riau mendapat arahan dari pak Presiden," katanya.

Menurut Edwar, pihaknya bersama TNI/Polri, Manggala Agni, BPBD Kabupaten/Kota, KLHK telah berupa bersama melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla 2020.

"Dari pekerjaan itu pada tahun 2020, Riau dapat menekan Karhutla. Itu dapat di lihat turunkan luas Karhutla tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Ini berkat kerjasama semua," ujarnya.

Kemudian ISPU, lanjut Edwar, tahun ini di Riau tidak ada berbahaya maupun tidak sehat, semua hijau dan biru.

"Alhamdulillah tahun ini kita pencegahan Karhutla. Dan Riau berhasil melakukan upaya pencegahan sehingga tahun 2020 ini Riau bebas asap," ujarnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...