Health

Selain Enak, Tomat Juga Pengobat Kanker

Tomat. (sumber;internet)

IDNJurnal - Tomat, bisa disebut sebagai buah namun juga bisa disebut sebagai sayuran. Tomat juga merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Banyak manfaatnya yang bisa Anda dapatkan ketika sering mengonsumsi buah ini.

Ahli nutrisi menganjurkan Anda untuk konsumsi tomat dalam keadaan matang. Karena kandungan likopen dan antioksidannya akan bermanfaat saat dicerna.

Tomat juga mengandung 95% air, 5% lainnya dari tomat mengandung karbohidrat dan 1% protein dan lemak. Serat dalam tomat juga sebesar 80%. Buah juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik seperti folat, kalium, vitamin K1 dan vitamin C. Tomat juga kaya beta karoten yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Anda harus tahu manfaat dari mengonsumsi makan tomat setiap hari. Dilansir Boldsky, Kamis (26/4/2018), berikut adalah 7 manfaatnya supaya Anda lebih giat makan tomat.

Melawan kanker
Tomat kaya akan likopen yang dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker, terutama di usus besar, payudara dan paru-paru. Antioksidan dari tomat juga menghentikan reaksi karsinogenik. Dengan sering mengonsumsi tomat, Anda bisa membantu mencegah kanker dalam jangka panjang.

Jantung lebih sehat
Buah tomat rendah kolesterol tinggi dan serat yang baik. Selain itu, ada kandungan potasium yang dapat melawan penyakit jantung. Sejak kecil, biasakan anak untuk makan tomat matang atau mentah. Nantinya saat dewasa akan mendapatkan manfaat tersebut yang lebih baik.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Tomat dikenal mengandung likopen dan asam klorogenik. Manfaatnya dapat menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, sehingga dapat mencegah hipertensi. Perempuan atau laki-laki disarankan untuk makan tomat, karena manfaatnya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi yang membahayakan.

Melawan peradangan
Produksi radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan peradangan. Peradangan lanjutan dapat menyebabkan aterosklerosis, osteoporosis, alzheimer dan penyakit Kardiovaskular. Kandungan likopen dan beta-karoten dalam biji tomat membantu menghilangkan radikal bebas ini, sehingga mencegah penyakit apapun yang berisiko.

Memperbaiki sistem pencernaan
Kandungan serat yang hadir dalam tomat dapat mengatur gerak peristaltik otot-otot pencernaan. Manfaatnya baik untuk mencegah sembelit dan gerakan usus yang baik. Anda harus selalu mengonsumsinya agar sistem pencernaan lebih nyaman.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...