News

Manajerial Kepala SMK Nasional, Kepala SMK Perbankan Riau Lulus Sangat Memuaskan

BOGOR - Kepala SMK Perbankan Riau, Yossy Syafrianti ST MPd menjadi peserta terbaik Batch I dan dinyatakan LULUS dengan predikat sangat memuaskan dalam kegiatan Peningkatan Kapabilitas Manajerial Kepala SMK Berbasis Industri yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI. Kegiatan ini diikuti oleh 1.000 kepala SMK dan hanya terpilih 450 kepala sekolah dari seluruh Indonesia yang lolos dalam tahap seleksi sebelumnya. Tahap seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi dan asesmen psikologis yang ditelaah oleh Tim Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada dengan pertimbangan CEO Readiness dan Change Readiness

Kegiatan peningkatan kapabilitas kepala SMK ini secara keseluruhan diselenggarakan selama tiga bulan dalam bentuk pertemuan tatap muka maupun secara virtual. Pelaksanaan kegiatan tatap muka dilakukan di beberapa perguruan tinggi yang telah ditunjuk, seperti Universtias Indonesia, Insititut Pertanian Bogor, Binus University dan beberapa lainnya. Kepala SMK Perbankan Riau sendiri mendapat kesempatan mengikuti kegiatan tatap muka di Institut Pertanian Bogor yang dilaksanakan mulai 07 Oktober 2020 hingga 16 Desember 2020.

450 kepala SMK yang terpilih tersebut akan dididik dan dilatih untuk menjadi kepala sekolah yang mempunyai kemampuan manajerial industri yang dikenal dengan istilah CEO (Chief Executive Officer). Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar kemampuan manajerial kepala sekolah tidak hanya pada rutinitas memikirkan perkembangan sekolah yang bergerak dalam edukasi saja, tetapi kepala SMK akan dibekali kapastias manajerial berbasis industri supaya bisa mengembangkan pola-pola usaha yg ada di sekolah masing-masing. 

Selain itu juga agar mampu menerapkan manajemen perubahan yang mengarah pada bagaimana warga sekolah harus mempunyai jiwa entrepreneur (wirausaha), karena salah satu tujuan sekolah adalah mencetak anak-anak menjadi seorang entrepreneur. Sehingga lulusan SMK kelak tidak hanya mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu sesuai jurusan masing-masing tapi juga memiliki softskill yang memperkaya jiwa wirausaha mereka.

Pada tanggal 01 November 2020 Yossy Syafrianti ST MPd berangkat menuju IPB Convention Hotel untuk melaksanakan Pembelajaran Luring Program Peningkatan Kapabilitas dan manajerial kepala SMK berbasis Industri tahun 2020. Kegiatan pembelajaran luring ini dilaksanakan hingga tanggal 17 November 2020.  Dalam kegiatan ini yossy memutuskan untuk mengambil program Projek Pengembangan Sekolah (PPS) yaitu struktur kurikulum terpadu menuju future skill, yang menciptakan Kurikulum Multimedia Terpadu yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di IDUKA. Untuk menyelesaikan PPS ini diberikan waktu selama 25 hari. 

Agar Projek Pengembangan Sekolah ini berhasil dilakukanlah Link and Match program keahlian Multimedia dengan beberapa IDUKA, Perguruan Tinggi, hingga Asosiasi yang ada di Kota Pekanbaru sehingga lahirlah sebuah Kurikulum Multimedia terpadu. Seluruh pihak sangat men support kegiatan ini, termasuk Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, pihak Yayasan Fintaru Edukasi Sarana SMK Perbankan Riau, hingga warga  SMK Perbankan Riau sangat mendukung dan mereka berharap kurikulum ini dapat direalisasikan dan dapat menghasilkan peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan IDUKA.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...