News

Rebecca Alexandria Menang Kompetisi Balet di AS

Balrina Indonesia, Rebecca Alexandria. (sumber;internet)

JAKARTA - Balerina Rebecca Alexandria murid dari Marlupi Dance Academy (MDA) berhasil memenangkan juara pertama kategori pre kompetitif di AS. Kompetisi Youth American Grandprix (YAGP) 2018 merupakan kejuaraan balet bergengsi di dunia. 

Director of Performing Art and Trainee Program MDA Claresta Alim mengatakan untuk mengikuti perlombaan setiap peserta harus mengikuti lomba regional di negara terdekat Asia, Australia, Eropa, dan AS. 

"Untuk dapat juara itu susah banget. Indonesia dari Marlupi Dance Academy jadi juara 1, dari Rusia juara 3, dan Romania juara 2. Itu mereka sudah bagus-bagus banget," ujar Claresta Alim yang turut mendampingi Rebecca ke AS ketika dihubungi detikHOT.

"Untuk menang juga pesertanya harus mendapatkan nilai 95. Almost perfect," tambah Claresta Alim lagi. 

Pada Oktober 2017, Rebecca mengikuti kejuaraan regional di Shen Zhen (China) dan berhasil memperoleh penghargaan Hope Award (nilai tertinggi untuk balet klasik dan kontemporer). Serta diundang ke New York untuk menjadi finalis di YAGP 2018.

Selain Rebecca, Marlupi Dance Academy juga mengirim Indira Mayrani di kategori junior (melalui video audisi) dan berhasil menjadi finalis untuk lomba YAGP di New York. 

Saat babak penyisihan di negara masing-masing diikuti sebanyak 10 ribu peserta dari seluruh dunia dan hanya dipilih 400 finalis untuk kategori solo. 

"Dari ribuan peserta memang yang jadi finalis cuma ratusan. Menurut saya, tarian balet Rebecca bisa menceritakan ke penonton dari hatinya yang dalam," tutur Claresta. 

Saat tahap penjurian, Rebecca menarikan tarian 'Fairy Doll' yang bercerita tentang boneka paling mahal yang dimiliki seorang pemilik toko boneka. 

"Tariannya lumayan susah karena harus seimbang," tutur Rebecca. 

YAGP adalah kompetisi kejuaraan balet yang sudah ke-19 kalinya berlangsung dan diikuti oleh 36 negara. Indonesia baru pertama kali mengikuti kejuaraan ini dan berhasil memperoleh juara pertama.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...