News

Pertama di Indonesia, Jalan Tol di Riau akan Diberi Perlintasan Gajah

ilustrasi Jalan Tol Pekanbaru. (sumber;internet)

PEKANBARU -Jalan tol di Riau akan tetap dibuat perlintasan gajah di sejumlah titik. Ini dibuat agar gajah tetap bisa melintas di wilayah jelajahnya. Jika ini terjadi, maka ini adalah pelintasan gajah pertama di Indonesia.

"Proyek jalan tol yang menghubungkan Pekanbaru ke Dumai memang akan memotong jalur perlintasan gajah. Tapi kita sudah koordinasi dengan pihak pembangunan jalan tol agar tetap dibuatkan perlintasan gajah," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, Kamis (26/4/2018).

Suharyono menjelaskan, pihaknya menyampaikan hal itu ke pimpinan proyek jalan tol, agar gajah liar di kawasan Riau tetap bisa menjelajah di wilayahnya.

"Sebab, ada beberapa lokasi di jalan tol itu yang akan memutus perlintasan gajah. Kita tetap menginginkan jangan sampai perlintasan itu terputus oleh jalan tol," kata Haryono.

Solusi yang ditawarkan BBKSDA Riau, kata Haryono, bisa jadi membuat under pass di jalan tol yang merupakan perlintasan gajah. Dengan demikian, gajah yang menjelajahi wilayahnya tidak akan terputus oleh jalan tol.

"Nanti di daerah under pass itu tetap diberi batasan pohon-pohon sehingga gajah tidak terganggu oleh kendaraan yang melintas," kata Haryono.

Menurut Haryono, dengan tetap memberikan perlintasan gajah, hal itu akan tetap melestarikan gajah liar yang ada di Riau. Sebab, gajah akan selalu melintasi wilayah jelajahnya secara alami.

"Ini kami sampaikan ke pimpinan proyek agar jangan sampai perlintasan gajah terputus. Perlintasan harus tetap diberikan untuk gajah-gajah liar itu," kata Haryono.

Untuk lokasi perlintasan gajah itu, Haryono belum bisa menentukan secara detail. Nanti akan akan tim lagi untuk meneliti kembali titik-titik perlintasan gajah. Diperkirakan lokasinya ada di Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya.

"Intinya apa yang kita inginkan untuk perlintasan gajah itu disetujui pihak proyek jalan tol. Kan nanti malah menjadi objek wisata, sambil melintas di jalan tol, bisa melihat gajah melintas," tutup Haryono.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...